Lepas Jabatan Wali Kota Solo, Gibran Kemas Mainan dalam Ruang Kerja, Anies Dikenang

| 19 Jul 2024 10:44
Lepas Jabatan Wali Kota Solo, Gibran Kemas Mainan dalam Ruang Kerja, Anies Dikenang
Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id -  Gibran Rakabuming Raka bikin kontroversi saat mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo periode 2021-2026. Sewaktu di Balai Kota Solo, entah mengapa Gibran mengizinkan jurnalis masuk ke dalam ruang kerjanya. Aksi ini jarang dilakukannya, sebab biasanya jika ingin wawancara, Gibran cuma bisa doorstop.

Saat awak media merekam Gibran yang berkemas, dalam ruangan kerja anak Jokowi tersebut tampak lukisan putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra.

“Foto keluarga enggak ada, itu adanya lukisan anak,” kata Gibran sembari mulai mengemasi barang-barangnya di dalam ruangan itu pada Rabu, 17 Juli kemarin.

Selain itu, terlihat pula setumpuk mainan dekat meja kerjanya seperti mobil Tamiya limited edition dalam kardus. Selain itu, di lemari khusus terlihat Lego, patung topeng Darth Vader dari serial Star Wars, serta Bearbrick.

Semua barang itu dimasukkan ke dalam kardus yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat ditanya soal mengapa menyimpan mainan sebanyak itu di ruang kerjanya, kata Gibran itu dilakukan agar ia merasa nyaman selama bekerja di kantor.

“Yang favorit? Enggak ada, sama semua. Dibawa ke sini, ya biar nyaman saja pas kerja. Mungkin nanti ada yang diberikan ke orang karena tidak mungkin saya bawa ke kantor di Jakarta (Istana Wapres). Di sana sudah banyak barang,” kata Gibran.

Warganet X yang melihat aksi Gibran itu lalu mengungkit perbedaan Anies Baswedan dengan Gibran. Anies sebelum meninggalkan ruang kerjanya di Balai Kota DKI Jakarta, semasa berhenti jadi gubernur, ia juga mengemasi beberapa barang, yang lebih banyak berbentuk koleksi buku bacaan.

Untuk diketahui, Gibran tak lagi menggunakan fasilitas negara yang diberikan kepadanya selama menjabat Wali Kota Solo, yakni Toyota Kijang Innova bernomor polisi AD 1 A. Saat meninggalkan Kantor DPRD Kota Solo ke Balai Kota Solo, ia menggunakan mobil pribadinya, Nissan Juke bernomor polisi AD 1514 YU.

Rekomendasi