Polda Kaltim Pastikan Pengamanan Upacara HUT ke-79 RI di IKN Berjalan Lancar

| 10 Aug 2024 12:30
Polda Kaltim Pastikan Pengamanan Upacara HUT ke-79 RI di IKN Berjalan Lancar
Kapolda Kaltim Irjen Pol. Nanang Avianto melakukan inspeksi salah satu titik fokus pengamanan acara kenegaraan di Kota Nusantara yang bakal berlangsung 17 Agustus 2024, setelah melakukan pantauan dari udara (ANTARA/HO-dokumen Humas Polri)

ERA.id - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) memastikan pengamanan mulai dari jalur hingga lokasi menjelang gelaran upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, IKN pada 17 Agustus 2024.

Kapolda Nanang Avianto dari dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan menggunakan helikopter memantau jalur yang bakal dilintasi pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara kemerdekaan di ibu kota baru Indonesia.

"Kami lakukan pantauan udara pastikan pengamanan rangkaian kegiatan acara kenegaraan di Kota Nusantara," jelas Kepala Polda (Kapolda) Kaltim.Inspektur Jenderal Polisi Nanang Avianto di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, Sabtu (10/8/2024), seperti dikutip Antara.

"Jalur itu mencakup rute atau jalur strategis menuju Kota Nusantara yang menjadi fokus pengamanan pada acara kenegaraan," jelasnya.

Sesampai di IKN, Kapolda Kaltim langsung melakukan pengecekan areal Mako Kepolisian Resor (Polres) ibu kota baru Indonesia memastikan kesiapan pengamanan di lokasi upacara kemerdekaan.

"Kami juga lakukan inspeksi ke sejumlah lokasi strategis yang menjadi fokus pengamanan acara kenegaraan di Kota Nusantara," katanya.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan semua fasilitas dan personel, lanjut Nanang Avianto, dalam menghadapi kemungkinan ancaman selama upacara kemerdekaan berlangsung.

Kegiatan inspeksi bagian dari upaya kepolisian Kaltim menjamin kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian acara kenegaraan, Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Yuliyanto menimpali, yang digelar di ibu kota baru Indonesia.

Pengamanan menitikberatkan pada jalur yang bakal dilalui pejabat negara dan tamu undangan penting acara kenegaraan dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Polda Kaltim komitmen menjamin kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian upacara kemerdekaan di ibu kota baru Indonesia," ujarnya.

Keamanan pejabat dan tamu undangan penting negara yang hadir dalam acara kemerdekaan menjadi prioritas utama, dan menjaga situasi tetap kondusif selama acara kenegaraan berlangsung, demikian Yuliyanto.

Rekomendasi