Polri Kerahkan 1.013 Personel untuk Amankan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

| 14 Aug 2024 14:05
Polri Kerahkan 1.013 Personel untuk Amankan Upacara HUT ke-79 RI di IKN
Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. (ERA.id/Sachril Agustin).

ERA.id - Polri mengatakan pihaknya menerjunkan 1.013 personel untuk mengamankan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu (17/8/2024) depan.

"Untuk pengamanan VIP dan VVIP Polda Kaltim dan jajaran mengerahkan kekuatan personel berjumlah kurang lebih 1.013 yang terbagi menjadi 7 satgas, dengan Polres Balikpapan maupun Polres PPU melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan," kata Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (14/8/2024).

Trunoyudo menjelaskan pengamanan ini akan dilakukan bersama TNI. Pengamanan bukan hanya dilakukan kepada tamu, tapi juga untuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana alam.

Personel yang bertugas juga akan ditempatkan di simpang jalan untuk mengamankan rute perjalanan tamu-tamu menuju IKN. Pos-pos juga akan didirikan di wilayah yang dianggap berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan.

"Personel dalam rangka melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan tamu undangan atau tamu VIP, tamu undangan yang lain tidak ada kendala menuju tempat kegiatan upacara yaitu di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Untuk pengamanan lalu lintas, Polri menurunkan sebanyak 898 personel untuk pengamanan, pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir).

Selain itu, 87 kendaraan roda empat dan 31 sepeda motor disiapkan dalam pengamanan dan pengawalan. Jenderal bintang satu Polri ini menyebut Satgas Pamwalrolakir juga telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar tersebut.

"Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute. Beberapa waktu lalu kami juga sudah latihan, sehingga pada hari H nanti kita betul-betul siap untuk mengamankan event yang luar biasa ini," tambahnya.

Rekomendasi