Bobby Nasution-Surya Jalani Pemeriksaan Kesehatan, RS Adam Malik: Hasilnya Diserahkan ke KPU Sumut

| 02 Sep 2024 12:29
Bobby Nasution-Surya Jalani Pemeriksaan Kesehatan, RS Adam Malik: Hasilnya Diserahkan ke KPU Sumut
Calon Gubernur Sumut, Bobby Nasution. (Antara)

ERA.id - Rumah Sakit (RS) Adam Malik mengatakan dua pasangan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (wagub) Sumatera Utara (Sumut) Bobby Nasution dan Surya menjalani pemeriksaan kesehatan dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Hari ini terakhir pemeriksaan calon kepala daerah, Insya Allah akan selesai yang hasilnya akan diberikan kepada KPU Sumut," ujar Direktur RS Adam Malik Zainal Safri di Medan, Senin (2/9/2024).

Zainal mengatakan dalam pemeriksaan selama satu hari ini, dimulai dari puasa yang dilakukan oleh pasangan calon. Kemudian dilakukan seperti pemeriksaan fisik, gula darah, kolesterol.

Lebih lanjut, tim medis juga menggunakan "magnetic resonace imaging" (MRI) yang berguna untuk memeriksa organ tubuh, pemeriksaan "ektromiografi" untuk melihat fungsi otak calon peserta, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Dalam pemeriksaan kepada semua calon kepala tidak ada kendala, sore nanti kami akan simpulkan hasil tes kesehatan," tutur Zainal.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Agus Arifin mengatakan pemeriksaan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ini dalam rangka untuk memenuhi dokumen.

Sebelumnya, pasangan calon Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala telah melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Adam Malik pada Jumat (30/8).

Edy dan Hasan didukung oleh PDIP, Hanura, Partai Buruh, PKN, Partai Ummat dan Partai Gelora.

Sementara Bobby Nasution maju di Pilkada Sumut setelah mendeklarasikan diri bergabung dengan Partai Gerindra. Sedangkan Surya merupakan kader dari Partai Golkar yang kini menjabat sebagai Bupati Asahan. Mereka juga didukung Partai Demokrat, PAN, PKB, PKS, PPP, NasDem, hingga Perindo. (Ant)

Rekomendasi