Pj Gubernur Zudan Ingin Empat Jusuf dari Sulsel Jadi Branding Baru

| 03 Sep 2024 10:01
Pj Gubernur Zudan Ingin Empat Jusuf dari Sulsel Jadi Branding Baru
Jusuf Kalla (Dok. DPR RI)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh berharap empat tokoh nasional yakni Syekh Yusuf, Jenderal M Jusuf, Jusuf Habibie, dan Jusuf Kalla, bisa menjadi branding baru Sulsel.

Zudan Arif di Makassar, Senin, mengatakan Sulsel saat ini sudah terkenal dengan beragam budaya, destinasi wisata hingga kulinernya.

"Titip pak rektor, ini jadi branding baru Sulawesi Selatan. Artinya kita ingin Sulawesi Selatan juga dikenal karena tokoh-tokohnya yang luar biasa," katanya saat memberi sambutan pada Seminar Internasional Prinsip dan Karakter Bugis Makassar 4 Etos 4 Jusuf di Unhas Makassar, Kamis kemarin.

Ia menjelaskan, branding empat tokoh ini harus dimulai dari Sulsel untuk Indonesia, dari Unhas untuk Indonesia, sebagai penyemangat bagi seluruh masyarakat Sulsel bahkan seluruh Indonesia.

"Kita jadikan satu penyemangat kita, menjadi pribadi-pribadi yang bisa diteladani," jelasnya.

Sementara Rektor Universitas Hasanuddin Prof DR Jamaluddin Jompa mengatakan keempat tokoh yakni Syeikh Jusuf Al Makassar (1626-1699), Jenderal M Jusuf (1928-2004), Baharuddin Jusuf Habibie (1936-2019), dan M Jusuf Kalla (82 tahun), memiliki 4 Etos yang luar biasa yang bisa jadi pembelajaran untuk semua.

Prof JJ menjelaskan bahwa Syeikh Jusuf merupakan simbol perpaduan antara keilmuan dan keberanian. Syeikh Jusuf tidak hanya belajar dari teks-teks keagamaan tapi juga dari pengalaman hidup dari para pendahulunya.

Selanjutnya Jenderal M Jusuf adalah figur militer terhormat dalam sejarah Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai kepemimpinan yang kuat. Begitupun BJ Habibie dan Jusuf Kalla sebagai pemimpin.

Rekomendasi