Sebelum Disoal karena Lovebird, Gubernur Jatim Juga Pernah Dihujat Bonek

Tim Editor

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Twitter Khofifah)

ERA.id - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa panen hujatan setelah melepaskan ratusan burung jenis lovebird di alam liar, beberapa hari yang lalu.

Warganet yang melihat foto pelepasan itu bahkan menilai Khofifah cuma pencitraan semata. Sekadar diketahui, kegiatan pelepasan burung lovebird itu dalam rangka meresmikan Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus, Madiun, Jawa Timur, Rabu (3/2/2021).

Selain pelepasan burung lovebird, acara seremonial tersebut juga diserta pemotongan pita dan tumpeng, serta pelepasan 75 ekor burung perkutut.

Kini, karena aksi kontroversinya itu, Khofifah banyak disorot. Alasannya sederhana, pelepasan burung lovebird ke alam liar dinilai tidak tepat. Sebagian akibatnya bisa dibaca di sini.

Jauh sebelum itu, Khofifah juga sempat berseteru dengan suporter pendukung Persebaya Surabaya yakni Bonek. Sebabnya karena pernyataan Khofifah yang menyinggung soal stadion dan bau sampah.

Insiden itu terjadi pada 10 Februari 2020. Khofifah Indar Parawansa waktu itu datang ke Pembukaan Piala Gubernur Jatim 2020, di Stadion Gelora Bangkalan.

Di sana, di depan Bonek, Khofifah memberikan sambutan. Saat itu, Bonek langsung berteriak, "GBT bau sampah, bau sampah...bau sampah..." teriak Bonek yang berada di tribune samping VIP.

Bonek tampak meluapkan emosinya karena dipicu ucapan kontroversi Khofifah yang menyebut Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya bau sampah. Ucapan ini terkait GBT yang masuk dalam salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20 2021 beberapa waktu lalu.

Khofifah saat itu mengaku khawatir jika aroma sampah di stadion berkapasitas 55.000 penonton bakal mengganggu para petinggi FIFA saat melakukan kunjungan.

Ucapan itulah yang kemudian dianggap penghinaan kepada Stadion GBT yang selama menjadi kadang Persebaya di Liga 1. Bahkan akun instagram Khofifah sempat diserbu Bonek dengan segala cacian.

Tag: khofifah indar parawansa Burung lovebird gubernur jawa timur bonek persebaya

Bagikan: