Tangani Banjir di Jawa Barat, Ridwan Kamil Gencarkan Pembangunan Bendungan dan Sodetan

| 11 Feb 2021 10:45
Tangani Banjir di Jawa Barat, Ridwan Kamil Gencarkan Pembangunan Bendungan dan Sodetan
Ridwan Kamil (Dok. Humas Jabar)

ERA.id - Pemerintah provinsi Jawa Barat gencarkan pembangunan beberapa bendungan dan 12 pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan penangan banjir.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan ada pekerjaan yang dioptimalkan untuk penanganan banjir, salah satunya penyedotan Citarum yang merupakan anak Sungai Citarum, ini salah satu pekerjaan yang siap diresmikan dalam 2 minggu lagi.

"Ada sekitar 12 pekerjaan yang berhubungan dengan penangan banjir, seperti Bendungan Sadawarna yang sudah 50 persen selesai seperti yang sudah saya posting beberapa waktu lalu, kemudian Bendungan Cipunegara dan Cibeet yang masih proses pembangunan," papar Ridwan Kamil di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, rabu (10/2).

Menurut pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini, pekerjaan yang dilakukan pada jangka menengah, merupakan solusi banjir yang berasal dari perubahan cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia khususnya di kawasan Jawa Tengah, bagian utara Jawa Barat dan Jakarta.

”Kalau Bandung Raya kan tidak terdengar yah, menurut BMKG hujannya Maret atau April. Nah kalau yang Pantura itu sekarang,” paparnya

Untuk penanganan longsor, Kang Emil mengatakan bisa luruh ke bawah seperti bencana longsor di Sumedang atau karena air pergerakan tanah yang menimpa di ruas Jalan Tol Cipali, di mana nanti akan dilakukan perbaikan agar tidak mengganggu pengguna jalan tol.

Rekomendasi