Mutasi Virus Corona B117 Masuk ke Indonesia, Dibawa TKI yang Baru Pulang dari Arab Saudi

| 03 Mar 2021 16:32
Mutasi Virus Corona B117  Masuk ke Indonesia, Dibawa TKI yang Baru Pulang dari Arab Saudi
Ilustrasi (Dok. Pixabay)

ERA.id - Dua kasus mutasi virus corona strain B117 asal Inggris ditemukan di Karawang, jawa Barat.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana umumkan identitas 2 TKI Arab Saudi bawa virus corona B117 ke Karawang. Mereka adalah dua perempuan berinisial M dan A.

Kedatangan kedua TKI itu ke Indonesia menggunakan pesawat berbeda meski sama-sama mendarat di Bandara Soekarno Hatta. M mendarat pada 28 Januari 2021, sementara A mendarat 31 Januari 2021.

"Ada dua orang berinisial nyonya M dan A, keduanya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karawang," ujarnya, Selasa (3/3/2021).

Keduanya sudah mengikuti imbauan perjalanan dari Satgas Covid-19 bagi para pelaku perjalanan luar negeri. Keduanya telah diberikan tindakan tes swab PCR dengan hasil positif. Kemudian dilakukan isolasi di Jakarta.

Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan kini sudah diizinkan pulang ke Karawang. "Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif," ucap dia.

Dari uji whole genome sequencing diketahui mereka telah terpapar corona varian baru asal Inggris.

"Setelah kemarin menerima kabar temuan kasus Covid-19 B117 di wilayah Karawang. Tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes sudah bergerak cepat meneliti dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracing dan testing kepada keluarga yang bersangkutan," ucapnya.

Rekomendasi