Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Wali Kota Solo Gibran: Produk dalam Negeri Sudah Bisa Bersaing

| 11 Mar 2021 06:30
Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Wali Kota Solo Gibran: Produk dalam Negeri Sudah Bisa Bersaing
Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ikut menggaungkan cinta produk dalam negeri seperti ayahnya Presiden Joko Widodo. Gibran menekankan jika produk lokal buatan dalam negeri sudah bagus. Sebab saat ini produk buatan dalam negeri sudah bisa bersaing dengan produk luar.

Hal ini dikatakan saat Gibran mendampingi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah saat berkunjung di Balai Latihan Kerja (BLK) Solo, Rabu (10/3).

Ia menilai produk lokal, baik jamu hingga fesyen bisa bersaing dengan produk luar negeri. Namun hanya perlu perbaikan dalam masalah branding dan packaging saja.

”Pendampingan UMKM ini penting. Nanti kita upayakan semua didampingi. Saya yakin produk kita sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri,” katanya.  

Apalagi saat ini pemerintah terus menggaungkan terkait pemulihan ekonomi. Meskipun dampak dari pandemi Covid-19 ini angka pengangguran sangat tinggi. Namun menurutnya hal itu menjadi PR bagi semua pihak.

”Ya itu menjadi PR kita bersama,” katanya.

Untuk itu pemerintah terus mendorong pelaksanaan vaksinasi di masyarakat. Sehingga imunitas masyarakat bisa ssegera terbentuk.

”Kalau masyarakatnya sehat, ekonominya bisa kuat,” katanya.

Sementara itu Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah mengatakan jika angka pengangguran saat ini semakin tinggi akibat Covid-19.

”Di Jawa Tengah ini, ada 3,9 juta orang yang terdampak pandemic Covid-19. Naik 2,04 persen dari sebelumnya. Jateng ini menjadi penyumbang pengangguran yang serius,” katanya.

Secara nasional angka pengangguran sebelum pandemic Covid-19 ada 4,99 persen. Namun saat ini angka pengangguran naik hingga 7 persen. ”Jadi ada sekitar 9,77 juta orang. Ini data BPS di bulan Agustus,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk lebih gencar mengajak masyarakat membenci produk-produk luar negeri. Sebaliknya, masyarkat harus mulai mencintai produk dalam negeri.

Jokowi mengatakan, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta penduduk, seharusnya bisa menghidupkan pasar dalam negeri.

Oleh karenanya, menggaungkan rasa cinta produk lokal dinilai bisa meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap produksi buatan dalam negeri.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi juga benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," tegas Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3).

Rekomendasi