Demi Anaknya, AW Jadi Polisi Gadungan dan Ancam Orang Pakai Pistol Mainan

| 17 Mar 2021 14:00
Demi Anaknya, AW Jadi Polisi Gadungan dan Ancam Orang Pakai Pistol Mainan
Kapolsek Rejotangan AKP Harry Purwanto (kanan) menunjukkan tersangka AW, pemuda asal Tempeh, Lumajang yang ditangkap karena memeras dengan menyaru sebagai polisi gadungan (tengah), di Mapolsek Rejotangan, Tulungagung, Selasa (16/3/2021)

ERA.id - Unit Reskrim Polsek Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur, berhasil mengungkap motif penipuan yang dilakukan polisi gadungan berinisial AW (24) asal Tempeh, Lumajang adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, terutama membeli susu dua anaknya yang masih kecil.

"Itu pengakuan yang bersangkutan. Sah-sah saja dia beralasan," kata Kapolsek Rejotangan AKP Herry Purwanto di Tulungagung, Rabu.

Berdasar hasil penyidikan, AW mengakui sudah enam kali beraksi di enam lokasi berbeda, di Blitar dan Tulungagung. Tepatnya lima kali di Blitar dan sekali di Tulungagung. Lima aksi pertama di Blitar AW berhasil memeras pelaku balap liar yang dia sasar pada malam hari. Apesnya tiba saat pria asal Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang ini beraksi di wilayah perbatasan Blitar-Tulungagung, tepatnya di wilayah hukum Polsek Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

Baru enam jam dia berhasil memperdaya tiga korbannya dengan menyita telepon genggam, polisi yang mendapat aduan dari salah satu korban menangkapnya di indekos yang terletak dekat Polsek Kademangan, Kabupaten Blitar. "Kita koordinasikan dengan Polres Blitar Kota, nanti selesai di Tulungagung akan dibawa ke Blitar Kota," ujarnya.

AW beraksi dengan berpura-pura sebagai Polisi. Modusnya, AW menakut-nakuti pemuda yang kedapatan sedang melakukan balap liar di Desa Tugu Kecamatan Rejotangan pada Minggu (7/3/2021) dini hari.

Di lokasi ini, AW berhasil memperdaya korbanya AH (17) dengan menunjukan pistol mainan yang dibawanya. AW berpura-pura memeriksa surat serta kelengkapan kendaraan bermotor. Lalu AH di bawa oleh AW, namun sebelumnya HP AH disita oleh AW.

AW mengaku memperoleh inspirasi menjadi polisi palsu saat membeli masker bertuliskan TNI-Polri. Masker itu dibeli AW di toko seragam yang ada di Kota Blitar. "Saya beli di toko seragam yang ada di Kota Blitar," ucap AW.

Selain masker, AW juga melengkapi diri dengan pistol mainan dari plastik milik anak pertamanya, seharga Rp15 ribu. AW mengaku perbuatannya dilakukan lantaran terhimpit masalah ekonomi. "Uangnya untuk beli susu dan kebutuhan sehari-hari," ujar AW sambil tertunduk lesu.

Pria ini diketahui mempunyai tiga anak, dua di antaranya masih balita dan tertua berumur tujuh tahun.

Rekomendasi