'Manuver' Bobby Nasution Jadikan Gedung Heritage Warenheuis Pusat Kuliner Bernuansa Eropa

| 17 Mar 2021 17:25
'Manuver' Bobby Nasution Jadikan Gedung Heritage Warenheuis Pusat Kuliner Bernuansa Eropa
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau gedung heritage Warenheuis

ERA.id - Gedung Warenheuis di Jalan Ahmad Yani Kota Medan adalah gedung peninggalan sejarah dan merupakan supermarket pertama di Kota Medan era kolonialisme.

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengatakan gedung tersebut akan dikelola dan dijaga kelestariannya. Bobby datang ke lokasi untuk meninjau kondisi gedung yang selama ini terabaikan.

"Saya akan ikut sosialisasi agar bangunan-bangunan ini bisa dikembalikan bentuknya seperti semula biar benar-benar menjadi kawasan heritage dan menjadi nilai tambah bagi Kota Medan, termasuk bangunan ini (Warenheuis), supermarket pertama Kota Medan," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, gedung heritage di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Perniagaan akan segera dimulai penataannya. DED di dua lokasi itu sudah disiapkan dan telah berkolaborasi dengan Ciptaker dari kementerian.

"Tinggal lagi permasalahan sosial yang memang itu tanggung jawab Pemko Medan. Jadi kita memang sedang sosialisasi, dari kemarin sudah kita minta dari Perkim dan camat," ujarnya.

Terkait dengan gedung Warenheuis, Bobby mengatakan akan banyak manfaatnya jika dikelola dengan baik. Dia mencontohkan, beberapa tenan dan foudcort yang ada di Lapangan Merdeka, bisa dipindahkan ke gedung tersebut.

"Ini nanti banyak manfaatnya, contohnya di Lapangan Merdeka itu kan banyak foudcort, banyak tenan di sana, yang kemudian menimbulkan pro kontra. Bisa saja nanti berkolaborasi dengan UMKM, lokasinya akan kita pindah ke sini dengan tidak merubah bentuk gedungnya," bebernya.

Dia mengatakan, mengembalikan dan merawat gedung heritage akan menjadikan nilai tambah bagi Kota Medan.

Nuansa ala Eropa, kata dia menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Gedung dengan arsitektur bergaya era kolonial itu yang kuat menjadi satu nilai lebih untuk menarik minat pengunjung dan memajukan UMKM.

"Apalagi sekarang spot untuk berselfi sangat diburu, orang sekaran sebelum makan berfoto dulu. Jadi nanti pengunjung bisa memanfaatkan nuansa heritage ini untuk berswafoto. Itu yang akan kita kembangkan," pungkasnya.

Rekomendasi