Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Libur Blusukan Dulu, Fokus Program Prioritas

| 17 Mar 2021 19:14
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Libur Blusukan Dulu, Fokus Program Prioritas
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Humas Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka selama empat hari ini meliburkan aktivitas blusukannya. Ia saat ini tengah fokus untuk membahas program prioritas yang akan dikerjakan selama lima tahun.

”Rapatnya belum selesai, masih sampai besok kamis,” kata Gibran saat ditemui di sela rapat di Balai Kota Solo, Rabu (17/3/2021).

Dalam rapat kali ini ada program prioritas yang saat ini tengah disusun oleh Pemkot Solo. Khususnya terkait pemulihan ekonomi pasca terjadi pandemi Covid-19. ”Empat hari saya nggak akan keluar kantor. Menyelesaikan semua ini,” katanya.

Salah satunya yang menjadi pembahasan yakni terkait persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Rencananya Pemkot Solo akan memulai PTM pada bulan Juli mendatang. Untuk itu saat ini vaksinasi guru tengah dikebut.

”Kami juga sosialisasi ke orang tua agar nantinya tidak ada rasa takut (untuk masuk sekolah),” katanya.

Selain itu Pemkot Solo juga akan merealisasikan pendirian sekolah khusus olahraga. Pasalnya saat ini baru ada kelas khusus olahraga untuk menampung bibit-bibit atlet berprestasi.

”Anak-anak ini harus dibina sebaik mungkin di sekolah. Nantinya mereka bisa menginduk di Bhayangkara FC dan Persis Solo. Kita juga memiliki fasilitas olahraga yang bisa dimaksimalkan, baik fasilitas indoor maupun outdoor,” katanya.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menambahkan, dalam bidang pendidikan juga perlu diperhatikan terkait sarana dan prasarana infrastruktur sekolah. Selain bidang pendidikan, bidang kesehatan juga menjadi fokus utama.

Di awal masa kepemimpinan Gibran-Teguh kali ini, pemulihan kesehatan di masa pandemic Covid-19 menjadi yang utama. Pemkot Solo juga berencana membangun Centre of Disease Control (CDC) untuk pusat studi dan laboratorium penelitian wabah penyakit.

Poin lainnya yang akan menjadi fokus yakni bidang pariwisata dan industry kreatif. ”Kami akan mengembangkan sport tourism dan wellness tourism,” ucapnya.

Rekomendasi