Pelihara 73 Anjing, Perempuan Bercadar Ini Bikin Warga Ciampea Bogor Marah-Marah

| 18 Mar 2021 10:14
Pelihara 73 Anjing, Perempuan Bercadar Ini Bikin Warga Ciampea Bogor Marah-Marah
Hesti Sutrisno, perempuan bercadar yang memelihara banyak anjing

ERA.id - Seorang perempuan bercadar bernama Hesti Sutrisno dikecam warga Bogor karena memelihara 73 ekor anjing di shelternya. Peliharaan Hesti itu dianggap mengganggu ketentraman warga.

Akhirnya polisi turun tangan untuk memediasi sembari menjelaskan kronologinya. Dari info yang beredar, Hesti disebut menampung 73 ekor anjing yang jauh dari permukiman warga. Meski begitu, suara anjing peliharaan Hesti masih dianggap berisik.

Kapolsek Ciampea, Bogor, Kompol Beben Susanto membenarkan hal tersebut. "Sudah dilakukan (mediasi antara warga dan Hesti). (Mediasi dilakukan) Tanggal 12 Maret kemarin hari Jumat di (kantor) Kecamatan Tenjolaya," ujar Beben dikutip dari detikcom, Selasa (16/3/2021) kemarin.

"Ya kalau warga komplain itu (berisik), kalau bau sih nggak, karena memang jarak tempat lokasi tersebut dengan perkampungan warga sih nggak berdekatan, agak jauh gitu ya. Kalau baunya sih nggak, kemungkinan sih dari suara. Suaranya berisik kalau waktu misalnya Magrib, gitu kan, itu katanya suaranya berisik, katanya dari warga itu," ungkapnya.

Beben melanjutkan, hanya sebagian warga saja yang protes dengan anjing Hesti. "Cuma kan warga ada yang keberatan. Memang warga juga sebagian, tidak seluruh, gitu," beber Beben.

Masalah Hesti ini sebenarnya bukan kali pertama, sebelumnya ia juga pernah dikomplain tetangganya karena memelihara anjing di Tangsel. Kesepakatan pun telah dibuat dan Hesti mengurangi jumlah anjingnya dari 11 ekor menjadi 3 ekor.

"Telah dilakukan kesepakatan bersama warga sekitar terhadap keluarga Ibu Hesti tentang hewan peliharaan yang dipelihara oleh Bapak Reno dan Ibu Hesti di kediamannya," kata Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Alexander Yurikho dalam keterangannya, Rabu (4/4/2018) lalu.

Isi kesepakatan itu antara lain:

1. Mengurangi Jumlah anjing peliharaan Bu Hesti Sutrisno dari 11 ekor menjadi 3 ekor dan tidak berkeliaran ke luar rumah.

2. Mengurangi jumlah ayam bangkok dari 20 ekor menjadi 5 ekor atau membersihkan kotoran dan kandang ayam 2 hari sekali agar bau kotoran tidak mengganggu tetangga sekitar.

3. Tidak membiarkan kucing peliharaannya berkeliaran di sekitar lingkungan komplek dan tidak menambahkan jumlah kucingnya yang 32 ekor itu.

4. Apabila kotoran kucing peliharaan Bu Hesti mengotori lingkungan halaman dan jalanan perumahan, wajib dibersihkan oleh Bu Hesti atau keluarganya.

Rekomendasi