Heboh Fenomena Halo Matahari di Langit Bandung dan Sekitarnya, Pertanda Apa?

| 22 Mar 2021 15:00
Heboh Fenomena Halo Matahari di Langit Bandung dan Sekitarnya, Pertanda Apa?
Tangkapan Layar

ERA.id - Fenomena lingkaran cahaya mengeliling matahari yang disebut Halo, terlihat jelas oleh mata di kawasan Bandung seperti Cimahi dan Bandung Barat, Senin (22/3/2021).

Salah seorang warganet dalam akun instagram @mrkusdian memposting video berdurasi 36 detik, memperlihatkan fenomena Halo Matahari sangat jelas dan berlangsung cukup lama.

Tak hanya warganet, saat dikonfirmasi oleh ERA.id seorang warga Cimahi, Imas (39) juga melihat fenomena cahaya yang mengelilingi matahari. Walaupun terbilang lama, cahaya yang mengelilingi berangsur-angsur hilang.

Menanggapi hal tersebut, Peneliti cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Yuni Yulianti mengatakan fenomena Halo merupakan peristiwa yang normal dan wajar. Kondisi tersebut terjadi saat kristal es pada awan cirrus atau cirrostratus yang dingin dan berada sekitar 5-10 kilometer atau 3-6 mil pada lapisan atas troposter.

"Halo adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari atau bulan. Halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus, biasanya cirrostratus yang dingin," ujarnya.

Ia menuturkan, fenomena tersebut muncul bergantung kepada bentuk dan arah kristal es. Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es berbentuk batang atau prisma.

Rekomendasi