Pertamina Belum Tahu Penyebab Kilang Minyak Balongan Indramayu Meledak

| 29 Mar 2021 12:39
Pertamina Belum Tahu Penyebab Kilang Minyak Balongan Indramayu Meledak
Ilustrasi (Dok. Pertamina)

ERA.id - Kilang Minyak milik PT Pertamina di Balongan, Indramayu meledak dan terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Kilang minyak tersebut meledak sekitar pukul 00.45 Wib. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan penyebab kebakaran yang terjadi di tanki T301G di area kilang Balongan belum bisa dipastikan.

"Belum diketahui dengan pasti. Kami masih investigasi dengan pihak berwenang. Fokus kami hari ini untuk selesaikan kondisi darurat di lapangan," kata Nicke, dalam kenferensi pers, Senin (29/3/2021).

Ia juga mengatakan sebagai upaya antisipasi agar tidak menjalar ke area lain, Pertamina langsung melakukan normal shutdown pada kilang itu.

"Kondisi terkini, api sudah bisa dilokalisir. Untuk pemadam dengan foam di pusat nyala api, jadi kami pastikan api tidak menjalar ke wilayah lain. Kita juga lakukan pendinginan di wilayah sekitar," katanya.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra, Pendomo dan Islamic center Kabupaten Indramayu.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 5 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Rekomendasi