Deretan Tokoh Nasional yang Sowan kepada Wali Kota Gibran, dari Menteri hingga Petinggi Partai

Tim Editor

Gibran dan Basuki (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Sejak Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Wali Kota Solo akhir Februari lalu, banyak tokoh-tokoh nasional yang berdatangan untuk sowan ke Solo.

Mulai dari menteri hingga petinggi partai politik tak ketinggalan menemui putra sulung Presiden Joko Widodo itu. Berikut daftar tokoh nasional yang sowan menemui Wali Kota Gibran.

1. Menhub Budi Karya Sumadi

Kedatangan tokoh nasional pertama kali yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakni pada 28 Februari 2021, atau dua hari setelah pelantikan.

Budi Karya meninjau lokasi palang perlintasan kereta Joglo dan Terminal Tirtonadi Solo. Dua hari kemudian Budi Karya mendampingi Presiden Joko Widodo di Yogyakarta, kemudian mampir lagi ke Solo.

2. Menteri BUMN Erick Thohir dan Menag Yaqut

Pada 6 Maret 2021 Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas datang ke Solo bersama dengan perwakilan dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Mereka menghadiri peletakan batu pertama Masjid Raya Syech Zayed hadiah dari pangeran UEA untuk Presiden Joko Widodo.

Gibran UEA
Caption

3. Menaker Ida Fauziyah

Selanjutnya pada 10 Maret 2021, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah berkunjung ke Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta.

Gibran Ida

Lalu pada 25 Maret 2021 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo.

Gibran Kapolri

Dua hari kemudian, yakni pada Sabtu 27 Maret 2021 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono berkunjung ke Taman Balekambang, Ngarsopuro hingga Pasar Legi.

Gibran Menteri PUPR

Tak hanya jajaran menteri dan Kapolri, para petinggi partai juga datang ke Solo. Petinggi partai yang datang pertama yakni Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang bersilaturahmi ke Solo pada 24 Maret 2021.

Disusul Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah yang datang 27 Maret 2021. Sehari setelahnya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani juga datang ke Solo. Ketiga politikus ini semuanya diterima di Rumah Dinas Loji Gandrung.

Gibran Fahri

Menanggapi hal ini, Gibran tak mempersoalkan kedatangan para tokoh dari pusat tersebut. Ia menilai justru berdampak baik di kota Solo karena banyak orang yang datang membuat hotel menjadi ramai.

”Ya nggak apa-apa. Hotelnya kan jadi ramai,” katanya.

Senada, Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani menganggap kunjungan jajaran menteri ke Solo justru berdampak baik bagi kota Solo sendiri. Sebab dengan mereka datang ke Solo, program-program dari pemerintah pusat yang ada di Solo bisa segera dikerjakan.

”Ya bagus lah, kita bisa menyampaikan program-program skala nasional yang dikerjakan di Solo. Dengan begitu pembangunan jadi lancar,” katanya.

Selain hadir secara fisik, banyak pula tokoh yang bertemu dengan Gibran secara virtual. Biasanya Ahyani mendampingi Gibran saat ada agenda semacam ini. ”Tapi kalau ada agenda lain atau saya diminta mewakili agenda lainnya oleh beliau, ya saya tidak mendampingi,” katanya.

Tag: gibran rakabuming raka gibran rakabuming kabinet indonesia maju gibran wali kota solo

Bagikan: