Begini Cara Pemkot Parepare Bereskan Rumah Warga yang Rusak Dihantam Badai

| 03 Apr 2021 23:57
Begini Cara Pemkot Parepare Bereskan Rumah Warga yang Rusak Dihantam Badai
BPBD Parepare memberi bantuan untuk keluarga yang rumahnya rusak karena badai.

ERA.id - Badai yang menerjang dan merusak beberapa rumah warga pada Jumat (2/4/2021) kemarin, terjadi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Hanya berselang sehari, Pemkot Parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial langsung turun membantu.

Mereka menyisir rumah-rumah warga yang data kerusakannya telah dinyatakan valid. “Sesuai petunjuk dan arahan Bapak Wali Kota (Taufan Pawe), kami harus bergerak cepat menurunkan bantuan material kepada korban dampak angin kencang yang terjadi kemarin,” ujar Rusli, Kepala Pelaksana BPBD Parepare.

Khusus hari ini kata dia, pihaknya bersama aparat kelurahan menyisir lima kelurahan yakni Lompoe, Kampung Pisang, Watang Soreang, Bukit Indah, dan Watang Bacukiki. Semuanya pakai pola ketuk pintu.

“Khusus hari ini ada lima kelurahan. Kita beri bantuan berupa seng, paku, dan balok sesuai dengan kerusakan yang telah didata oleh tim kami,” sebut Rusli.

Ia menyebutkan jumlah yang terdampak angin kencang dini hari kemarin sekira 100 rumah. “Namun hari ini, teman-teman masih melanjutkan validasi agar tidak ada yang terlewatkan,” imbuh Rusli.

Sembari melakukan validasi data, pihaknya kata dia terus menyalurkan bantuan agar rumah warga segera utuh kembali. “Sampai malam ini bantuan masih kita drop ke rumah-rumah warga, dan akan terus berlanjut,” terang Rusli didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parepare, Nasrullah.

Selain bantuan material, Pemkot Parepare melalui Dinas Sosial juga memberikan bantuan terpal kepada warga yang atapnya diterbangkan angin kencang. 

Rekomendasi