Aksi Camat di Medan Vaksinasi Warga dari Rumah ke Rumah, Jalankan Instruksi Bobby Nasution

| 06 Apr 2021 18:50
Aksi Camat di Medan Vaksinasi Warga dari Rumah ke Rumah, Jalankan Instruksi Bobby Nasution
Foto: Camat Medan Marelan, M Yunus menyaksikan vaksinasi terhadap lansia (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution tengah gencar melakukan akselerasi vaksinasi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

Pemerintah Kota Medan menargetkan vaksinasi di Kota Medan hingga 75 persen dari 1,8 juta jumlah warga yang bisa di vaksin.

Menindaklanjuti arahan Wali Kota Bobby, camat di Medan ini melakukan strategi jemput bola dengan menjemput warga yang akan di vaksin.

Camat Medan Marelan, M Yunus langsung memimpin perangkat pemerintah dari tingkat kelurahan hingga lingkungan untuk menyambangi warga yang akan di vaksin ke rumahnya.

"Kita lakukan vaksin keliling ini, agar masyarakat tidak takut dan mau melaksanakan vaksin. Program vaksin keliling yang kita lakukan ini setiap harinya akan dilaksanakan 2 lokasi secara berpindah-pindah," kata M Yunus, Selasa (6/4/2021).

Menurut M Yunus untuk saat ini target vaksinasi terfokus pada kelompok lanjut usia, tenaga pendidik dan pedagang dan aparatur pemerintah.

Dikatakan dia untuk lansia, pihaknya melakukan vaksinasi keliling dengan mendatangi warga ke kediamannya.

"Harus kita akui saat ini masih ada warga yang takut untuk divaksin, kita harapkan dengan kita melakukan jemput bola warga tidak lagi takut di vaksin," ujarnya.

Dari pantauan langsung, pelaksanaan vaksin keliling yang dilakukan di dua tempat yakni Kelurahan Terjun Lingkungan II, dan Kelurahan Tanah Enam Ratus lingkungan 9.

Tenaga medis (nakes) dibantu kepala lingkungan menghimbau warga dengan cara mendatangi warga lansia ke rumah untuk melaksanakan vaksin.

"Selain di dua titik vaksin keliling ini, kita juga melaksanakan vaksinasi serentak di 5 tempat yakni di Kantor Kecamatan Medan Marelan, Puskesmas Terjun, Puskesmas Rengas Pulau, Puskesmas Tanah Enam Ratus, dan Puskesmas Labuhan Deli," ungkapnya.

Yunus berharap Kecamatan Medan Marelan dapat segera mencapai target vaksinasi berdasarkan dosis yang saat ini sudah diterima sekitar 6000 dosis vaksin.

Hingga saat ini, lanjutnya sebanyak 2.660 warga telah menjalani vaksin meliputi lansia 1.122 orang dan pelayanan publik serta pedagang dengan jumlah 1.538 orang.

"Harapan kita target vaksinasi di Medan Marelan bisa dicapai guna mewujudkan kekebalan massal warga sebagaimana yang disampaikan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution dengan target 75 persen di Kota Medan," pungkasnya.

Rekomendasi