Terobos Lumpur Demi Bawa Bantuan, Istri Bupati Sumba Timur dan Bupati Luwu Utara Viral

Tim Editor

Istri Bupati Sumba Timur, Merliaty Praing Simanjuntak menerobos lumpur di daerah Kiritana, Kabupaten Sumba Timur.

ERA.id - Membantu masyarakat sudah semestinya dan biasa dilakukan oleh pejabat daerah. Namun ada yang beda saat melihat istri Bupati Sumba Timur, Merliaty Praing Simanjuntak. Dirinya viral usai fotonya yang ikut memikul bantuan dan menerobos lumpur di daerah Kiritana, Kabupaten Sumba Timur.

Di Twitter, foto aksi heroik Merliaty Praing Simanjuntak menuai pujian. Alasannya, warganet kagum karena seorang perempuan apalagi mempunyai strata sosial yang lebih tinggi dari masyarakat biasa, ingin menjalani kesulitan demi membantu sesama.

Hal itu diakui ajudan Bupati Marselinus Aprianus Kela, yang saat itu mendampingi Merliaty. Katanya, istri Bupati Sumba Timur difoto pada Selasa (6/4/2021) silam. "Itu lokasinya di Desa Kiritana, di situ karena ada masyarakat yang terdampak banjir. Jadi ada tiang listrik yang ambruk, jalannya putus, dan pohon-pohonnya tumbang karena faktor angin," kata Aprianus, Sabtu (10/4/2021).

Dari foto terlihat, Merliaty mengenakan kemeja biru, celana jins, dan masker di dagunya. Merliaty berjalan dan menerjang jalan berlumpur sembari memikul dua kardus mi instan. Ia tak sendiri, ada beberapa orang yang membantunya.

Aprianus mengatakan, jalan menuju lokasi masyarakat yang terdampak rusak dan dipenuhi lumpur sejauh 3-4 kilometer. "Jadi memang masyarakat di sana kan tidak tersentuh bantuan. Jadi kami harus melalui jalan itu yang sudah terdampak banjir, ada lumpur-lumpurnya sekitar sebatas paha, terus jaraknya itu sekitar 3-4 kilometer," ujar Aprianus.

Ternyata, Merliaty bukan cuma kali ini turun langsung menyalurkan bantuan, ia juga sempat membantu masyarakat di Kecamatan Tabundung, di Desa Laputu. "Iya, Ibu turun terus langsung ke lokasi sasaran, ke lokasi fokus masyarakat yang terdampak banjir," tuturnya.

"Kemarin sempat di Kecamatan Tabundung, di Desa Laputu, hal yang sama juga dilakukan kemarin. Cuma hal yang sama aksesnya tidak terlalu kayak di Kiritana. Yang paling sulit saat ini Kiritana," sambungnya.

Selain Merlianty, aksi Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, juga pernah viral setahun silam dan kembali diingatkan oleh akun Twitter bernama @edylbni. Dengan motor bebek yang sudah didesain seperti trail, perempuan ini rela berjibaku dengan lumpur demi membawa sembako ke pelosok Seko.

Untuk diketahui, motor trail adalah kendaraan satu-satunya yang dapat diandalkan untuk menembus medan berlumpur ini. "Mantap...memang harus ky begitu pejabat adalah pelayan masyarakat dan sedikit sekali yg menyadarinya.... Bupati Luwu utara Sulawesi selatan meski seorang perempuan tak segan mengantar bantuan meski lewat jalanan terjal dan berbahaya," tulisnya.

Tag: viral ntt luwu sulsel banjir ntt

Bagikan: