Banyak Makanan Pokok di Pasar Anyar Tangerang Mengandung Bahan Pengawet, dari Daging hingga Sayuran

Tim Editor

Pemerintah Kota Tangerang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anyar. (Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Tangerang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anyar. Hasilnya banyak ditemukan makanan pokok mengandung bahan pengawet. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman dalam sidak yang berlangsung Senin (12/4/2021).

"Ada kita temukan produk yang terkontaminasi dengan bahan pengawet," ungkapnya.

Menurut Abduh kebanyakan bahan pengawet digunakan pada makanan yang berasal dari hewan ternak.

"Dari 135 jumlah pedagang yang kita sampling, itu positif ada 41 produk yang diindikasikan mengandung bahan pengawet. Ya terutama dari produk hewan ayam baik itu usus maupun kulit, mengandung bahan pengawet," ungkapnya.

Pemerintah Kota Tangerang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anyar. (Iqbal/ERA.id)

Bahan-bahan pokok yang ditemukan mengandung pengawet itu, lanjut Abduh, seperti daging sapi, daging ayam, usus ayam, beragam ikan, serta cabai, tomat, hingga tahu dan kerupuk.

"Sebetulnya pedagang mau kita proses verbal ya tetapi begitu dia tahu produknya memang positif itu langsung lari, jadi lapaknya ditinggalkan begitu saja," katanya.

Abduh menambahkan, langkah selanjutnya adalah pihaknya akan memberikan teguran kepada para pedagang yang menjual produk dicampur pengawet ini.

"Kita akan buat surat teguran. Jadi, besok atau lusa kita samperin lagi. Kalau dia datang kita sampaikan, kita ingatkan, karena tahun lalu proses di kantor Kepolisian," pungkasnya. 

Tag: tangerang Pasar Anyar bahan pengawet

Bagikan: