Jelang Mudik, Bandara Adi Soemarmo Mulai Layani Tes GeNose C19

| 29 Apr 2021 03:40
Jelang Mudik, Bandara Adi Soemarmo Mulai Layani Tes GeNose C19
Bandara Adi Soemarmo Solo (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Bandara Internasional Adi Soemarmo mulai melayani tes GeNose C19 untuk calon penumpang pesawat pada Kamis (29/4/2021). Tes ini diperuntukkan bagi calon penumpang yang akan naik pesawat melalui Bandara Adi Soemarmo.

General Manager Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan mengatakan telah menyediakan tiga alat untuk tes ini. Uji coba dilakukan pada karyawan dan stakeholder bandara.

”Hari ini kami trial dulu,” ucapnya.  

Alat yang disediakan ini memiliki kemampuan operasional hingga tiga jam. Setiap jamnya alat GeNose ini digunakan untuk melayani 20 orang. Layanan ini dibuka oleh pihak bandara mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Saat ini tes GeNose C19 di Bandara Adi Soemarmo hanya ditujukan untuk calon penumpang pesawat saja. Sehingga untuk mengaksesnya, calon penumpang harus menunjukkan tiket ataupun kode bookingnya.

”Masih sebatas untuk penumpang dulu. Sebab saat ini baru bisa melayani sekitar 200 orang penumpang dulu,” jelas Yani.

Pihak bandara menentukan tariff GeNose C19 ini hanya sebesar Rp40 ribu. Untuk waktu tunggunya, penumpang membutuhkan 20 menit hingga hasilnya keluar.

Ditambahkan oleh Branch Manager PT Angkasa Pura Support Cabang Surakarta Muhammad Sofyan mengatakan tes ini untuk melengkapi layanan tes antigen yang disediakan pihak bandara. Hanya saja, tes GeNose C19 ini hanya diperuntukkan bagi penumpang, sedangkan tes antigen bisa diakses masyarakat umum.

Untuk layanan tes GeNose C19 ini Angkasa Pura menyediakan sebanyak 1.500 kantong dengan asumsi penggunaan 100 hingga 200 kantong per hari.  Kemudian saat ada calon penumpang yang terdeteksi positif, maka akan langsung diisolasi. ”Kami juga koordinasi dengan pihak maskapai agar tiket di-'cancel' atau jadwal ulang,” ucapnya.

Rekomendasi