Video Walkot Bogor Bima Arya Langgar Aturan Ziarah Kubur Viral, Cek Faktanya

| 17 May 2021 17:00
Video Walkot Bogor Bima Arya Langgar Aturan Ziarah Kubur Viral, Cek Faktanya
Wali Kota Bogor Bima Arya

ERA.id - Beredar video viral di Twitter yang memperlihatkan Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengunjungi kuburan. Dalam keterangan video itu, Bima Arya dituding melanggar aturannya sendiri.

Penyebar video itu adalah akun Twitter @NenkMonica. "Wajib Viral nih !!! Bima Arya ziarah kubur ketika dia melarang warganya utk berziarah. Aneh tapi Nyata," tulis akun tersebut.

Jika video ini langsung ditelan mentah-mentah, maka sudah pasti Bima Arya akan langsung dicap sebagai orang yang bersalah. Alasannya, Pemkot Bogor sendiri melarang warga berziarah kubur pada 12-16 Mei 2021.

Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustian Syah mengatakan, Satpol PP bertindak sesuai arahan Wali Kota Bogor dengan mengedepankan langkah persuasif dan tidak ada sanksi.

Namun faktanya, keterangan video tersebut hoaks dan keliru. Pemkot Bogor pun langsung mengklarifikasi bahwa isi video itu memang benar, namun keterangannya sangat keliru.

"Beredar video berisikan informasi yang tidak benar atas kegiatan Wali Kota Bogor melakukan ziarah di TPU Blender. Faktanya: Wali Kota Bogor didampingi Wakapolresta Bogor Kota meninjau kondisi TPU Blender (Rabu, 12 Mei 2021) setelah diberlakukan peniadaan ziarah kubur di TPU di Wilayah Kota Bogor sampai dengan 16 Mei 2021," Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Kesimpulannya, video viral yang disebarkan oleh Akun Twitter @NenkMonica termasuk dalam konten yang menyesatkan. Bima Arya saat itu tidak berziarah kubur, hanya meninjau TPU Blender.

Rekomendasi