Tiga Kampung di Cigudeg Diterjang Banjir Bandang, Ketinggian Air Hingga 1,5 Meter

| 18 May 2021 11:30
Tiga Kampung di Cigudeg Diterjang Banjir Bandang, Ketinggian Air Hingga 1,5 Meter
Ilustrasi banjir (Dok. Antara)

ERA.id - Banjir bandang melanda Kampung Curug RT02/03, Desa Batujajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (17/5) malam. Hujan yang mengguyur Bogor, Senin malam dengan durasi cukup lama, menyebabkan aliran Kali Cidanger meluap dan merendam pemukiman warga.

"Ketinggian air sekitar 150 centimeter. Hasil assesment sementara ada empat rumah terendam. Tapi belum diketahui mengenai dampak yang ditimbulkan," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam, Selasa (18/5/2021).

Dia menyebutkan, air saat ini sudah mulai surut. Selain itu, dia memastikan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka akibat banjir tersebut.

Selain itu, banjir bandang juga terjadi di Kampung Kadaung, Desa Rengasjajar dan Kampung Nanggung, Desa Bangunjaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Informasi yang dihimpun, kawasan tersebut merupakan pegunungan yang dikelilingi pertambangan batu pecah belah. Diduga, kerusakan ekosistem menyebabkan daya serap tanah terhadap air tidak maksimal, sehingga menyebabkan luapan air sungai.

Rekomendasi