Napi Lapas Rangkasbitung Bikin Gitar Akustik, Diapresiasi Ariel 'Noah' hingga Krisdayanti

| 20 May 2021 16:48
Napi Lapas Rangkasbitung Bikin Gitar Akustik, Diapresiasi Ariel 'Noah' hingga Krisdayanti
Dok. Lapas Rangkasbitung

ERA.id - Gitar akustik yang merupakan produk hasil karya pembinaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Rangkasbitung mendapat apresiasi dari musisi tanah air ternama.

Salah satunya Ariel Noah yang sangat mengagumi gitar yang dibuat oleh para narapidana alias warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengapresiasi hasil pembinaan gitar Lapas Rangkasbitung, karena telah berhasil membuat gitar dan bagus. Semoga bisa menjadi industri besar dan tetap kreatif apapun itu kegiatanya,” kata Ariel Noah dalam pesan kiriman videonya.

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto membenarkan ungkapan dari musisi top tersebut.

“Alhamdulillah, hasil pembinaan pembuatan gitar yang murni orisinil dipoles oleh tangan-tangan terampil WBP Lapas Rangkasbitung mendapat apresiasi dari banyak pihak, mulai dari pejabat negara, masyarakat dan musisi seperti Ariel Noah, Krisdayanti dan lainnya,” ujar Budi, Kamis (20/5/2021).

Budi mengungkapkan awal mula industri kecil dari balik Lapas Klas III Rangkasbitung.

"Awalnya, ada WBP yang membuat gitas sendiri dari bahan kayu dan triplek bekas dan bisa dipakai. Akhirnya, kami datangkan pengrajin gitar untuk menggelar pelatihan," jelasnya.

Kemudian, banyak WBP yang tertarik dan mendalami kerajinan tersebut. Kini, sudah belasan gitar yang dihasilkan dari bahan triplek dan kayu bekas dan dijual terbatas.

"Ternyata setelah dicoba Ariel, ternyata bisa menghasilkan nada dan bunyi yang baik. Standar gitar akustik yang umum lah," ucapnya.

Selain Ariel, penyanyi Krisdayanti juga memberikan testimoninya soal gitar tersebut.

Rekomendasi