Gibran: Literasi Digital Jadi 'Perisai' di Dunia Maya

Tim Editor

Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menekankan pentingnya literasi digital. Sebab hal ini menjadi bekal untuk menghadapi era digitalisasi seperti saat ini.

Hal ini disampaikan Gibran Rakabuming saat menjadi keynote speaker dalam webinar "Indonesia Makin Cakap Digital 2021", bertempat di Alilla Hotel, Kamis (20/5/2021). Dalam acara yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo secara daring ini, Gibran berbicara mengenai perlunya literasi digital. Sebab literasi digital ini bisa menjadi perisai untuk menyelami dunia maya.

"Literasi digital adalah salah satu metode menghadapi derasnya serangan cyber. Kecakapan dan ketrampilan dalam menggunakan media digital ini penting, agar menjadi perisai saat berselancar di unsecure network,” katanya.


Menurut Gibran program nasional literasi digital yang diluncurkan pemerintah menjadi solusi tepat yang bisa diterapkan hingga ke pemerintah daerah. Gibran berharap dengan diluncurkannya program ini dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang cakap secara digital.

"Saya harap program yang diinisiasi Kementerian Kominfo ini bisa merealisasikan Indonesia yang cakap secara digital," katanya.

Dalam kesempatan ini Presiden Joko Widodo memberikan arahannya agar masyarakat meningkatkan kecakapan dalam dunia virtual. Sehingga internet bisa dipenuhi konten positif yang mampu meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Isi ruang digital dengan konten positif, banjiri terus dengan konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan masyarakat agar mereka mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian. Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat," katanya.

Tag: gibran rakabuming raka digital platform solo literasi digital

Bagikan: