Gubsu Edy Rahmayadi Serahkan 1 Unit Ambulans untuk Palestina, Netizen: Calon RI 1 dari Sumut

| 25 May 2021 17:43
Gubsu Edy Rahmayadi Serahkan 1 Unit Ambulans untuk Palestina, Netizen: Calon RI 1 dari Sumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Muchlis Ariandi/ERA.id)

ERA.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan panitia pengumpulan donasi menyerahkan dana Rp505 juta dari warga Sumut untuk membeli mobil Ambulans kepada Palestina. Donasi yang dibuka sela empat hari itu dikumpulkan di Masjid Pemprov Sumut.

"Empat hari kita lakukan donasi dan mendapatkan Rp505 juta. Di sana disiapkan Ambulans seharga Rp500 juta. Jadi donasi ini nanti bentuknya adalah mobil Ambulans," kata Edy, Selasa (25/5/2021).

Donasi tersebut telah disalurkan kepada panitia penggalangan dana dan secara simbolis telah diterima imam muda Palestina Syech Mahmoud Mohammed El. Dana tersebut akan dibelikan Ambulans untuk kebutuhan rakyat Palestina di jalur Gaza.

"Ada donasi lain dari warga yang dikumpul oleh bunda Roni dan telah terkumpul Rp400 juta," ujarnya.

Edy mengatakan bahwa donasi dari masyarakat Sumut kepada rakyat Palestina bukan karena persoalan agama, melainkan persoalan kemanusiaan. Sebab, selain Masjidil Al Aqsa, ada gereja yang berdekatan di lokasi terjadi serangan.

"Ini persoalan kemanusiaan bukan persoalan agama. Disitu ada Masjidil Aqsa, tapi disitu juga ada gereja, yang sering didatangi umat nasrani dalam menjalankan ibadah," ungkapnya.

Gubernur Edy mengatakan, donasi tersebut berasal dari masyarakat Sumut yang disalurkan melalui infaq di Masjid Gubernur Sumut. Donasi yang terkumpul sebesar Rp505 juta.

Donasi tersebut tidak saja berasal dari umat Muslim namun dari berbagai latar belakang agama dan etnis.

"Yang perlu saya sampaikan bahwa ini bukan donasi dari gubernur tapi donasi dari masyarakat Sumut melalui infaq Masjid Gubernur Sumut," kata Edy.

Sementara itu kepada jurnalis, Syech Mahmud mengatakan, kedatangannya di Sumatera Utara untuk menjelaskan kepada masyarakat Sumut kondisi yang terjadi di Palestina.

"Tujuan saya datang ke Sumatera Utara untuk menjelaskan kepada saudara muslim di Sumatera berkaitan situasi yang ada di Al Aqsa, setelah Palestina digempur dengan berbagai macam oleh Israel," kata Syech Mahmud.

Kata dia, dengan kehadirannya ke Sumatera Utara dan bertemu dengan masyarakat dapat memberikan pencerahan untuk Indonesia secara umum.

Syech Mahmud El mengapresiasi kepedulian masyarakat Sumut atas kepedulian secara sosial maupun secara iman kepada bangsa Palestina.

"Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat Sumut dan Indonesia secara umum atas kontribusi yang diberikan. Saya berdoa semoga Allah SWT segera memberikan kemenangan kepada Palestina," pungkasnya.

Hal yang dilakukan Gubernur Sumut mendapat komentar pujian dari para Netizen.

"Calon RI 1 harapan sumatera utara," tulis akun @ANTIPKI17.

Rekomendasi