Ditemukan Tewas, Komposer Yulius Panon Rencananya Konser Virtual di Solo Besok

| 25 May 2021 18:48
Ditemukan Tewas, Komposer Yulius Panon Rencananya Konser Virtual di Solo Besok
Komposer musik gereja Yulius Panon Pratomo. (Foto: @yuliuspanonpratomo/Instagram)

ERA.id - Musisi dan komposer musik gereja asal Yogyakarta, Yulius Panon Pratomo (44), ditemukan dalam kondisi tewas hanyut di Bengawan Solo, Sragen, Jawa Tengah, Senin, (24/5/2021).

Belakangan diketahui bahwa komponis pendiri kelompok ensembel dan vokal Nafsigira tersebut datang ke Solo untuk mengadakan konser virtual di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Rabu ini.

Dalam postingan akun @nafsigira pada 20 Mei 2021 disebutkan adanya rencana konser virtual bertajuk 'Bermadah Bersama Maria' pada Rabu, 26 Mei 2021. Dalam acara bernuansa gereja Katolik ini, karya Yulius Panon akan dibawakan, bersanding dengan karya seniman teater di Kota Solo, Yustinus Popo.

Manajer Yulius, Esa, mengabarkan bahwa sang komponis dan rombongan sudah sampai di Solo pada Sabtu, (22/5/2021) malam, untuk keperluan persiapan konser. Hari itu juga rapat masih diadakan, dan Yulius masih ikut terlibat.

Namun, pada Minggu dini hari, Yulius sudah tidak terlihat di tempat mereka menginap saat itu, sebut sang manajer. Selama hari Minggu, manajer dan sejumlah anggota tim Nafsigira mencoba mencari keberadaan Yulius Panon.

Proses pencarian atas Yulius Panon tidak berbuah hasil hingga pada Senin mulai beredar, di media-media sosial, poster pencarian atas sosok Yulius Panon.

Namun, pada Senin itu, pukul 12.30 WIB, muncul kabar penemuan jenazah di daerah aliran sungai Bengawan Solo, Sragen. Dan setelah dikonfirmasi oleh pihak keluarga, diketahui bahwa jenazah itu benar Yulius Panut Pratomo.

Esa mengaku masih belum tahu alasan hanyutnya sang komponis tersebut. Seperti dikabarkan Detik, (25/5/2021), pria 44 tahun itu tak menunjukkan tanda-tanda keanehan.

"Memang ini mengagetkan karena hari-hari sebelumnya tidak ada yang aneh. Tiba-tiba ada kejadian ini, makanya kami kaget," ujar dia.

Ungkapan dukacita pun mengalir dari banyak kerabat dan kenalan Yulius Panon Pratomo. Kebanyakan dari mereka juga menyatakan betapa berkesan sosok Yulius Panon dalam bermusik dan mencipta lagu.

Beberapa karya Yulius Panon Pratomo sempat diproduksi dan diunggah via kanal Youtube kelompok musiknya, Rumah Musik Nafsigira.

Berdasarkan informasi akun instagram @nafsigira, jenazah Yulius Panon Pratomo akan disemayamkan di Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKY) hingga Rabu, 26 Mei 2021, pukul 07.00 WIB.

Jenazah akan dikremasi di Prambanan hari itu juga pada pukul 08.00 WIB.

Rekomendasi