Temuan Gua Purba di Dekat Lokasi Ibu Kota Negara Kaltim, Ada Tulang dan Alat Memasak

| 31 May 2021 20:53
Temuan Gua Purba di Dekat Lokasi Ibu Kota Negara Kaltim, Ada Tulang dan Alat Memasak
Tim Arkenas Prof Harry Truman Simanjuntak (Antara)

ERA.id - Tim Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) menemukan berbagai tinggalan di situs Gua Pangeran di kawasan karst tak jauh dari wilayah yang akan menjadi ibu kota negara yang baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kami temukan berbagai peralatan dari batu, tulang, dan kerang,” kata Ketua Tim Arkenas Prof Harry Truman Simanjuntak di Balikpapan, Minggu (30/5).

Peralatan tersebut antara lain tulang yang dibentuk seperti spatula. Para peneliti menemukannya setelah melakukan eskavasi atau penggalian secara cermat sejumlah bagian di Gua Pangeran.

Menurut Prof Simanjuntak, temuan ini menunjukkan kemungkinan peradaban manusia sudah ada di kawasan ujung barat laut Teluk Balikpapan tersebut.

Dari peralatan yang ditemukan dan lokasi ditemukannya, yaitu di gua karst, diperkirakan berasal dari Zaman Batu atau masa praaksara (sebelum ada huruf dan tulisan) kira-kira 10 ribu tahun yang lalu. Di masa itu manusia masih mengumpulkan makanan dari alam dan masih tinggal di gua-gua.

Menurut Prof Simanjuntak, temuan di Gua Pangeran sangat lengkap. Ada peralatan dari batu, ada yang dari tulang. Alat-alat itu tampak dibuat rapi.

Selain itu tim juga menemukan tulang manusia, yaitu tulang lengan. Ada juga ditemukan sisa-sisa pembakaran atau semacam perapian, yang diduga untuk berdiang ataupun memasak makanan.

“Alat-alat batu yang mereka ambil, kemungkinan besar batunya didapat dari sungai, dibawa ke gua, dikerjakan dijadikan alat,” papar Prof Simanjuntak, seperti dikutip dari Antara.

Sejauh ini, temuan serupa juga didapat di gua-gua di kawasan karst Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan. Juga terkenal cap-cap tangan merah di dinding gua-gua karst di Sangkulirang, Kabupaten Berau.

Atas temuan-temuan ini, Prof Simanjuntak menegaskan, pihaknya masih terus melakukan penggalian sambil mengumpulkan data-data lainnya. Ia berharap menemukan lebih banyak lagi artefak sehingga dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai perikehidupan di masa itu.

Rekomendasi