Mau Bikin SIM? Syaratnya Harus Divaksin, Korlantas: Hoaks, Jangan Percaya!

| 21 Jun 2021 12:58
Mau Bikin SIM? Syaratnya Harus Divaksin, Korlantas: Hoaks, Jangan Percaya!
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

ERA.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan syarat bikin SIM dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) adalah wajib divaksin, ternyata berita bohong atau hoaks.

"Itu hoaks, jangan percaya," kata Kepala Sub Direktorat SIM Korlantas Polri Kombes Djati Utomo di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Informasi yang beredar di media sosial menyebut ada syarat baru dalam pembuatan SIM dan SKCK per 1 Juli 2021, yakni masyarakat harus memiliki surat keterangan vaksinasi COVID-19 atau sudah divaksin COVID-19.

Djati menyayangkan beredarnya kabar hoaks tersebut, karena belum semua warga Indonesia divaksin COVID-19, sehingga kebijakan itu tak mungkin diberlakukan.

"Kan vaksinasi belum semua masyarakat Indonesia divaksin," katanya.

Informasi mewajibkan pendaftar SIM dan SKCK menyertakan sertifikat vaksin beredar di Aceh. Begitu juga di Polres Majene, Sulawesi Barat. Uniknya, Kapolres Majene malah membenarkan kalau warga yang akan mengurus SIM diharuskan memiliki bukti vaksin awal.

"Pemohon SIM harus ada bukti vaksinnya. Jika belum ada pada saat mengurus keterangan sehat, pemohon dapat langsung diminta untuk vaksin lebih dahulu, tentu melalui kesedian dan kerelaan pemohon SIM," kata Kapolres Majene Sulawesi Barat, AKBP Irawan Banuaji, Senin (7/6/2021) silam.

Sementara Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Wendy menegaskan informasi yang berkembang terkait dengan sertifikat vaksin menjadi syarat mendaftar SIM dan SKCK adalah informasi tidak benar.

"Secara resmi kami nyatakan informasi itu tidak benar."

Polda Aceh, kata dia, belum mengeluarkan aturan terkait syarat wajib vaksin tersebut bagi pengurusan SIM dan SKCK. Pihaknya justru mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Bahkan, Polresta Banda Aceh menggelar vaksinasi massal terbuka untuk umum. Guna mendorong minat masyarakat untuk divaksin, diberi doorprize mulai dari motor, televisi, hingga hadiah menarik lainnya.

Rekomendasi