Solo Darurat Oksigen, Gibran Beri Solusi: Saling Tukar Dulu

| 09 Jul 2021 12:13
Solo Darurat Oksigen, Gibran Beri Solusi: Saling Tukar Dulu
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka langsung responsif dengan adanya laporan stok oksigen mepet pada Jumat (9/7/2021) pagi.

Gibran langsung responsif dengan mengirimkan oksigen dari stok rumah sakit yang longgar.

”Sementara saling tukar dulu dari rumah sakit lain. Untuk kekurangan di Hermina sudah sampai,” kata Gibran melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Saat ini dirinya sedang menelusuri permasalahan stok oksigen yang minim di rumah sakit lainnya. ”Ini lagi saya track ke rumah sakit lainnya,” katanya.

Sementara untuk stok di rumah sakit lainnya, saat  ini tengah menunggu kiriman dari Kendal. ”Itu sudah dikirim dari kemarin malam. Tapi agak molor sedikit,” kata Gibran.

Ia mejelaskan saat ini stok oksigen di RS Hermina, RSUD Ngipang dan RS dr Oen sudah aman. Hanya di RSUD Bung Karno yang saat ini stoknya masih pendek.

”Suplai oksigen di seluruh Indonesia memang sedikit. Makanya kemarin saya sudah minta Pak Sekda bikin depo sendiri di STP,” jelasnya.

Saat ini kebutuhan oksigen di kota Solo dalam sehari rerata mencapai 59 ton. Untuk itu ia berusaha mengamankan stok oksigen jangan sampai habis.

”Kita amankan terus jangan sampai habis. Tiap hari kita koordinasi, dengan Pak Menkes, Pak Luhut juga,” kata Gibran.

Sebelumnya CEO PMI Kota Solo Sumartono Hadinoto mengunggah video yang menyatakan stok oksigen di beberapa rumah sakit minim. Ia meminta pertolongan terkait adanya informasi ketersediaan oksigen.

Rekomendasi