Masih Isoman, Wali Kota Gibran Hadiri Rapat Paripurna Secara Virtual

| 16 Jul 2021 20:19
Masih Isoman, Wali Kota Gibran Hadiri Rapat Paripurna Secara Virtual
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri rapat paripurna secara virtual karena menjalani isolasi mandiri. (Dokumentasi DPRD Kota Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19. Namun Gibran tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa. Hari Jumat, (16/7/2021) dirinya menghadiri rapat paripurna secara virtual untuk pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA PPAS).

Dalam kesempatan ini Gibran juga membacakan nota penjelasan terkait pengajuan anggaran untuk APBD Perubahan 2021. Khususnya perubahan anggaran untuk penanganan COVID-19 di Kota Solo.

Diperkirakan, untuk penanganan COVID-19 masih diperlukan alokasi hingga tahun 2022. Untuk itu Pemkot Solo membuat antisipasi dan penyiapan anggaran agar penanganan bisa dilaksanakan dengan baik.

Termasuk untuk vaksinasi dengan tujuan membuat kekebalan secara imunitas, hingga pemulihan ekonomi di daerah dengan mendukung iklim bisis dan pertumbuhan sektor basis.

Pembacaan nota penjelasan disampaikan oleh Gibran sendiri. Terkait hal ini Gibran juga telah menjadwalkan sejak hari sebelumnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani menyampaikan bahwa Gibran akan membacakan nota penjelasan sendiri secara virtual tanpa diwakili. Secara aturan, untuk agenda rapat paripurna terkait anggaran, Wali Kota Solo diwajibkan hadir.

”Tapi kalau untuk pembacaan nota penjelasan sebenarnya bisa diwakili. Hanya kalau penandatanganan nota kesepahaman atau perda memang diwajibkan datang. Kalau tidak hadir harus memberikan surat kuasa,” kata Ahyani.

Sebagaimana diketahui Gibran tengah menjalani isolasi sejak Senin (12/7/2021). Selama menjalani isolasi, Gibran masih melakukan rutinitas pekerjaan secara daring. Hal ini diungkapkannya sendiri saat memberikan keterangan pada pers pada Rabu (15/7/2021) lalu.

”Saya masih koordinasi secara daring. Kalau untuk ke lapangan biar Pak Teguh (Wakil Wali Kota) dan Pak Sekda dulu,” ucapnya.

Rekomendasi