Thariqat Naqsabandiyah di Sumut Rayakan Iduladha Hari Ini

| 19 Jul 2021 14:00
Thariqat Naqsabandiyah di Sumut Rayakan Iduladha Hari Ini
Puluhan jemaah Thariqat Naqsyabandiyah di Medan melaksanakan salat Iduladha (Muchlis Aiandi/era.id)

ERA.id - Puluhan jemaah Thariqat Naqsabandiyah di Sumatera Utara (Sumut) merayakan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah pada hari ini Senin (19/7/2021). Di Kota Medan, pelaksanaan salat Iduladha dipusatkan di Pondok Pesantren Darusshifa, Desa Marindal, Kabupaten Deli Serdang.

Thariqat Naqsabandiyah menetapkan Idul Adha 2021 jatuh pada hari Senin karena menggunakan penghitungan Hisab Qamariyah.

"Berdasarkan sidang Dewan Majuel Fatwa Naqsabandiyah saat penentuan 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah, maka Iduladha jatuh pada hari ini," kata Dewan Mursidin Thariqat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Syekh Muda Markum, Senin (19/7/2021).

Syekh Muda Markum mengatakan pelaksanaan salat Iduladha tetap mengikuti protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah guna memutus rantai penularan virus Covid-19.

"Para jemaah wajib menerapkan protokol kesehatan salah satunya dengan memakai masker. Jemaah juga dibatasi untuk mencegah kerumunan," ujarnya.

Dia menuturkan, biasanya pelaksanaan salat Idul Adha jemaah Thariqat Naqsabandiyah dipusatkan di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun. Namun berhubung sedang diberlakukan PPKM maka pelaksanaan salat Idul Adha dilaksanakan di daerah masing-masing.

Setelah melaksanakan salat Idul Adha dan khutbah, para jemaah Thariqat Naqsabandiyah melanjutkan pemotongan hewan qurban berupa sapi dan kambing yang nantinya daging qurban akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Rekomendasi