Gibran dan Warga Solo dapat Kiriman 200 Tabung Oksigen dari Shopee, Sempat Ditahan Bea Cukai

Tim Editor

Dok. Bea Cukai

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyalurkan bantuan 200 tabung oksigen yang diterima dari Shopee  dan diterbangkan langsung dari Singapura.

Rencananya tabung oksigen ini akan disalurkan di 16 rumah sakit untuk rujukan Covid-19 di kota Solo.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih saat mengambil tabung oksigen di Terminal Kargo Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Senin (19/7/2021).

”Total bantuannya ada 200 tabung oksigen,” kata Siti.


Rencananya tabung-tabung oksigen ini akan disalurkan di 16 rumah sakit yang saat ini menjadi rujukan penanganan Covid-19 di Kota Solo. Diantaranya RSUD Dr Moewardi, RS PKU Muhammadiyah, RSUD Ngipang, RSUD Bung Karno, RSJD Solo, RS Dr Oen Solo, RS Brayat Minulyo. Lalu RS Hermina, RS Panti Waluyo, RS Kasih Ibu, RST Slamet Riyadi, RS Kustati, RS PKU Sampangan Solo, RS JIH, RSUP, dan RS Triharsi.

Untuk pendistribusiannya akan disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing rumah sakit. Namun rencananya, akan lebih banyak tabung disalurkan ke rumah sakit milik pemerintah.

”Kalau di rumah sakit swasta akan disalurkan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan tempat tidur,” katanya.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Surakarta, Aries Baroto menambahkan 200 tabung oksigen ini sudah dikeluarkan dari kargo Bandara Adi Soemarmo.

Pengeluaran tabung hibah ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19.

”Tabung oksigen ini masuk dalam kategori barang pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI). Terkait hal ini kami juga sudah koordinasi dengan beberapa pihak terkait, diantaranya Dinas Kesehatan Kota Solo, Gapura dan Angkasa Pura Logistik,” ucapnya.

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan mengatakan, tabung oksigen untuk Solo dari Singapura dibawa pesawat charter Cargo PT My Indo Ailines dengan nomer penerbangan B-737-300/400F.

”Total tabung oksigen yang dibawa pesawat charter dari Singapura tersebut seberat 14.175 kilogram atau 200 tabung oksigen,” katanya.

Tag: gibran rakabuming raka shopee tabung oksigen stok oksigen

Bagikan: