59 Warga Medan Jalani Isolasi Terpusat di Eks Hotel Soechi

| 04 Aug 2021 09:17
59 Warga Medan Jalani Isolasi Terpusat di Eks Hotel Soechi
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan 59 warga telah terdaftar dan akan menjalani isolasi di eks Hotel Soechi Jalan Cirebon Medan, sebagai lokasi Isolasi Terpusat (Isoter).

Hal itu disampaikan Bobby Nasution setelah menerima kunjungan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di lokasi Isolasi Terpadu, Selasa (3/8).

"Ada 59 yang ada (terdaftar), dan 7 kita rekomendasikan ke rumah sakit karena kasusnya sedang menuju berat dan faktor usia, sudah masuk ke lansia," kata Bobby Nasution, Selasa (3/8/2021).

Bobby mengatakan untuk warga yang akan mendapatkan pelayanan di lokasi isolasi terpadu eks Hotel Soechi tidak ada syarat khusus. Yang diutamakan adalah warga yang terpapar Covi-19 namun tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Menurutnya OTG berpotensi besar sebagai penyebar virus Covid lebih luas lantaran dia tidak sadar bawa sedang terpapar virus Covid-19.

"Kadang dia sadar dan isolasi di rumah, tapi karena merasa gak kenapa-kenapa lalu keluar rumah. Yang kita utamakan yang OTG, namun masyarakat yang mau datang silakan," ujarnya.

Lanjut kata Bobby, sesuai aturan yang dibuat, masyarakat yang dalam zona merah wajib melakukan isolasi mandiri di tempat isolasi terpadu.

Hal yang sama juga berlaku kepada masyarakat di zona kuning yang telah sebulan tidak kunjung menurun jumlah kasusnya.

"Namun yang pasti dalam aturan kita itu yang zona merah wajib di sini, zona kuning yang lebih dari sebulan juga di sini. Kemudian untuk hukuman yang kita hukum bukan orangnya tapi kita mengincar virus dalam tubuhnya, makanya kalau ada ketahuan gak taat prokes, maka kita bawa ke sini," pungkasnya.

Rekomendasi