PPKM Level Diperlonggar, Mal di Bandung Segera Buka? Pemkot: Nanti Dulu

| 10 Aug 2021 18:11
PPKM Level Diperlonggar, Mal di Bandung Segera Buka? Pemkot: Nanti Dulu
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah pusat masih menetapkan Kota Bandung berstatus PPKM Level 4, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) di Wilayah Jawa dan Bali tahun 2021.

Walaupun masih berada di level 4, terdapat kebijakan baru, dimana pusat perbelanjaan modern atau mal diberikan izin untuk beroperasi dengan berbagai syarat, salah satunya penerapan prokes yang sangat ketat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan persiapan yang dilakukan, pertama yaitu simulasi atau uji coba mal terlebih dahulu, kemudian hasilnya akan dirapatkan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung.

"Sesuai dengan keputusan pusat, di Bandung ada 23 Mal yang siap buka, kemudian dalam penerapannya ada persyaratan dimana pengunjung mal wajib memiliki sertifikat vaksin," jelas Elly saat dihubungi, Selasa (10/8/2021).

Walaupun meyakini untuk kesiapan mal yang akan buka, Elly mengatakan tetap menunggu perubahan kebijakan sesuai perwal.

"Karena perlu menunggu perubahan perwal, lalu adanya simulasi ditahapan berikutnya, saat ini mall-mall tersebut belum bisa buka, nah nanti sore setelah sudah ada keputusan dari rapat bersama pak sekda, baru kami bisa memastikan langkah selanjutnya," ungkap Elly.

"Saat ini saya juga harus memberikan arahan ke teman di lapangan apa saja yang harus diawasi dan apa saja yang harus dilihat. Intinya, lebih teknisnya nanti nunggu Perwal," ucapnya.

Rekomendasi