Raja Mangkunegara IX Solo Wafat Karena Sakit Jantung, Pelayat Bisa Hadiri Pemakaman

| 13 Aug 2021 12:36
Raja Mangkunegara IX Solo Wafat Karena Sakit Jantung, Pelayat Bisa Hadiri Pemakaman
Pura Mangkunegaran (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Raja Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX meninggal pada Jumat (13/8/2021) karena sakit jantung.

Pemakaman Mangkunegara IX ini rencananya diperkenankan dihadiri pelayat.

Plt Pengageng Kabupaten Mandrapura Pura Mangkunegaran Supriyanto Waluyo mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan. Khususnya menutup bagian Pura Mangkunegaran yang sedang dalam perbaikan.

”Iya, revitalisasi bangunan Pura Mangkunegaran dari Kementerian PUPR sementara diberhentikan dulu. Galian-galian untuk saluran air kami tutup semua, biar para pelayat yang datang tidak gejeglong (jatuh),” katanya saat ditemui di Pura Mangkunegaran.

Terkait persiapan pemakaman, saat ini pengelola Pura Mangkunegaran tengah bersiap menunggu kedatangan jenazah dari Jakarta. Selain itu pihak pengelola Pura Mangkunegaran memaksimalkan protokol kesehatan. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

”Kita maksimalkan prokesnya, kami koordinasi dengan unsur Pemda, TNI dan Polri terkait hal ini,” katanya.

Hingga kini belum dipastikan akan ada pembatasan bagi pelayat atau tidak. Meski penyebab meninggalnya Mangkunegara IX bukan karena COVID-19, namun pihak pengelola Mangkunegaran akan tetap memaksimalkan prokes.

”Kita akuti aturan dari Pemda saja,” jelasnya.

Terkait waktu pemakaman, hingga kini masih menunggu keputusan dari keluarga. Namun dipastikan jenazah Mangkunegara IX akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

”Iya di Mangadeg,” ujarnya.

Mangkunegara IX dikabarkan meninggal pada Jumat (13/8/2021) dini hari pukul 02.50 WIB. Ia meninggal di usia 70 tahun dan meninggalkan empat orang anak.

Rekomendasi