Tak Kenakan Kain Mori, KGPAA Mangkunegara IX Kenakan Pakaian Adat Lengkap Saat Dimakamkan

| 15 Aug 2021 15:53
Tak Kenakan Kain Mori, KGPAA Mangkunegara IX Kenakan Pakaian Adat Lengkap Saat Dimakamkan
Prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. (Foto: Amalia Putri/ERA.id)

ERA.id - Jenazah KGPAA Mangkunegara IX mengenakan pakaian adat lengkap saat dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar pada Minggu (15/8/2021). Pakaian kebesaran ini dikenakan karena merupakan tradisi turun temurun untuk pemakaman keluarga penguasa-penguasa Mataram.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran Satyotomo. Pemakaman ini menggunakan tradisi adat Jawa yang telah dipertahankan sejak zaman Mataram Islam atau sejak Sultan Agung Hanyokrokusuma. ”Raja keturunan Mataram dimakamkan menggunakan ageman (baju kebesaran),” katanya.

Jenazah Mangkunegara IX dibawa dari Jakarta menuju ke Pura Mangkunegaran mengenakan pakaian batik. Setibanya di Mangkunegaran, busana digantikan dengan ageman. Tradisi ini tak hanya diterapkan di Mangkunegaran, namun juga semua pecahan dari dinasti Mataram Islam yang ada di Solo dan yogyakarta.

Namun Setyotomo menekankan, semua tata cara yang dilaksanakan dalam prosesi pemakaman, menggunakan tata cara Islam. Selain diiringi dengan tradisi brobosan, jenazah juga disalatkan dan diiringi dengan tahlilan di Pura Mangkunegaran.

”Tahlilan digelar sejak kabar beliau meninggal,” katanya.

KGPAA Mangkunegara IX diistirahatkan dengan mengenakan pakaian adat ini diunggah melalui akun Instagram putri keduanya, GRAy Putri Agung Suniwati dengan akun @menursoekarno77. KGPAA Mangkunegara IX mengenakan pakaian adat lengkap.

Rekomendasi