Mal di Medan Beroperasi Kembali, Pesan Bobby Nasution: Jangan Hanya Cek-cek Suhu Saja

| 25 Aug 2021 12:41
Mal di Medan Beroperasi Kembali, Pesan Bobby Nasution: Jangan Hanya Cek-cek Suhu Saja
Salah satu mal di Kota Medan bersiap sambut aturan baru PPKM (Ist)

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengingatkan pengelola mal dan restoran untuk mematuhi protokol kesehatan dan memperketat pengawasan kepada pengunjung setelah diperbolehkan kembali beroperasi.

"Yang paling penting adalah bagaimana pengawasan dari internal mereka dulu. Seperti Mal itu kan diwajibkan ada seperti satgas Covid-19 nya juga, mereka dulu yang harus diberi pemahaman," kata Bobby Afif Nasution Rabu (25/8/2021).

Bobby mengatakan salah satu perubahan aturan dalam perpanjangan PPKM adalah diperbolehkan beroperasinya mal dan restoran. Meski sudah mendapat izin dari pemerintah pusat, mantu Jokowi itu  meminta agar aturan dijalankan dengan ketat.

"Jangan nanti yang nggak pakai masker boleh masuk, jangan hanya cek-cek suhu saja, karena banyak yang OTG," ujarnya.

Salah satu yang diminta Bobby benar-benar harus dipastikan adalah tidak adanya kerumunan di setiap tenant di mal. Kemudian pihak mal yang punya restoran didalamnya untuk memastikan bahwa pengunjung menerapkan protokol menjaga jarak saat makan.

"Kerumunan di dalam tenant-tenant harus diminimalisir, walaupun di bolehkan jelas seperti restoran hanya boleh satu meja dua orang dan harus benar-benar diterapkan," tegasnya.

Terkait aturan syarat masuk mal harus sudah di vaksin, Bobby akan mengkaji terlebih dahulu kebijakan tersebut untuk penerapannya di Kota Medan. Hal itu kata dia berkenaan dengan jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksinasi di  Kota Medan.

"Saya pernah bilang kalau syarat masuk mal yang sudah di vaksin berarti hanya 400 ribuan orang yang bisa masuk mal baik yang vaksin dosis satu maupun dosis dua. Makanya akan kita kaji lagi, kalau sebaran vaksin kita sudah baik, mungkin mungkin ya, baru kita bisa tentukan apakah masuk mal pakai kartu vaksin atau tidak," pungkasnya.

Rekomendasi