Gubernur Ganjar Diganjar Trisakti Tourism Award 2021 dari PDIP

| 26 Aug 2021 21:24
Gubernur Ganjar Diganjar Trisakti Tourism Award 2021 dari PDIP
Ganjar Pranowo (Dok. Humas Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat penghargaan Trisakti Tourism Award 2021 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kamis (26/8/2021). Ganjar dinilai jadi kepala daerah yang bekerja keras di bidang pariwisata.

Trisakti Tourism Award 2021 merupakan ajang bergengsi perlombaan pariwisata yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan.  Ganjar mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah yang memiliki upaya luar biasa di bidang pariwisata.

Sejumlah destinasi wisata Jawa Tengah pun menjadi pemenang dari 242 daerah yang mengikuti ajang ini. Dua daerah wisata di Jateng, yakni Karimunjawa dan Taman Nasional Merapi-Merbabu, mengantarkan Ganjar sebagai pemenang.

"Untuk kategori kepala daerah yang memiliki effort luar biasa di bidang pariwisata. Penghargaan diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan destinasi wisata andalan Karimunjawa dan Taman Nasional Merapi-Merbabu," kata pembawa acara ajang itu di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Ganjar yang hadir secara langsung maju untuk menerima penghargaan. Memakai pakaian adat Jawa, ia menerima penghargaan yang diserahkan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Ganjar mengatakan penghargaan ini dipersembahkan untuk insan pariwisata di Jawa Tengah. Ia berharap, penghargaan ini dapat memicu semangat para pelaku pariwisata Jateng, khususnya di desa-desa untuk terus berkreasi dan berinovasi.

"Penghargaan ini untuk insan pariwisata di Jawa Tengah. Semoga menjadi penyemangat untuk kita semua," ucapnya.

Ganjar mengatakan, pengembangan desa wisata di Jawa Tengah memang sedang digenjot. Banyak desa wisata di Jateng yang telah tumbuh dan menjadi percontohan nasional.

"Kami bahkan sudah buatkan Perda Khusus Desa Wisata. Selain itu, setiap ada desa wisata unggulan, kami memberikan uang pembinaan masing-masing Rp1 miliar," ucapnya.

Di ajang ini, sejumlah desa wisata Jawa Tengah menyabet penghargaan. Dari semua kategori yang dilombakan, desa wisata di Jateng masuk sebagai pemenang.

Antara lain juara pertama kategori desa wisata kreatif diraih oleh Desa Wisata Wanurejo, Kabupaten Magelang. Adapun  juara pertama kategori desa wisata pilihan netizen disabet oleh Desa Wisata Sumber Jatipohon, Grobogan.

Dua desa wisata di Jateng juga meraih juara di kategori desa wisata budaya, yakni Kampung Wisata Budaya Baluwarti, Solo, sebagai juara 3 dan Desa Wisata Kaligentong, Boyolali, sebagai juara harapan ketiga.

Sementara untuk kategori desa wisata alam, Desa Wisata Kandri Kota Semarang menyabet juara harapan tiga. Dan untuk kategori desa wisata kuliner, Desa Wisata Kampung Jawi Semarang menyabet juara pertama. Selain itu, ada pula Desa Wisata Gerduren Banyumas sebagai juara harapan ketiga dalam kategori yang sama.

Rekomendasi