Ganjil Genap di Puncak Bogor Pekan Kedua Berakhir, Kemenhub: Kemungkinan Akan Diperpanjang

| 13 Sep 2021 09:55
Ganjil Genap di Puncak Bogor Pekan Kedua Berakhir, Kemenhub: Kemungkinan Akan Diperpanjang
Puncak Bogor (Dok. Antara)

ERA.id - Penerapan ganjil genap di kawasan Puncak Bogor pada pekan kedua telah berakhir Minggu, (12/09/2021). Hasilnya, ribuan kendaraan diputarbalikkan selama penerapan ganjil genap diberlakukan di puncak Bogor pada tanggal 10-12 September 2021.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengungkapkan kemungkinan pekan depan ganjil genap di Puncak Bogor akan dilanjutkan lagi.

"Dari hasil laporan, volume kendaraan yang menuju kawasan Puncak akhir pekan ini mengalami penurunan 30-40 persen jika dibandingkan pekan lalu," kata Budi usai memantau uji coba ganjil genap di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (12/9/2021).  

Untuk itu, lanjut Budi, hasil evaluasi ganjil genap pekan pertama dan kedua ini akan menjadi dasar Kemenhub dalam menentukan kebijakan yang tepat untuk diterapkan di kawasan Puncak.

"Makanya hari ini kami turun langsung untuk melihat kondisi di lapangan," ucap Budi.

 Budi juga mengungkapkan hingga saat ini pihaknya masih merumuskan kebijakan dan regulasi terkait rekayasa lalu lintas untuk menekan kemacetan lalu lintas di kawasan Puncak.

"Apakah nanti ganjil genap ini akan kami permanenkan atau seperti apa ke depannya, sedang kami kaji," ucapnya.

Selain itu, lanjut Budi, dalam melakukan kajian tersebut, pihaknya melibatkan semua unsur baik TNI, Polri, maupun pemerintah daerah.

Rekomendasi