Brebes Malah Naik ke PPKM Level 4, Ganjar: Mungkin Memang Tidak Disiplin

| 14 Sep 2021 15:22
Brebes Malah Naik ke PPKM Level 4, Ganjar: Mungkin Memang Tidak Disiplin
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan naiknya level PPKM suatu daerah mungkin karena warga kurang mengindahkan protokol kesehatan.

Hal ini menyusul status Kabupaten Brebes yang masuk PPKM Level 4.

“Iya mungkin (Brebes naik level lagi) memang (karena) tidak disiplin, maka semua saya omongkan tidak hanya Brebes ya. Jangan euforia dulu,” tegas Ganjar di kantornya, Semarang, Selasa (14/9/2021).

Ganjar mengatakan, testing tetap harus berjalan meski level PPKM suatu daerah turun.

Ganjar tak memungkiri, secara psikologis, masyarakat menjadi gembira ketika mengetahui level PPKM di daerahnya turun.

“Nah, kalau gembira ini kemudian tidak disiplin ini bahaya. Kami masih mengawasi terus di beberapa daerah agar mereka ketat,” ucapnya.

Pengawasan itu dilakukan karena Ganjar mulai menerima laporan penyelenggaraan kegiatan di beberapa daerah yang tidak memenuhi protokol kesehatan. Ganjar mengambil contoh ketika dirinya membubarkan acara di Grobogan.

“Kemarin saya bubarkan satu tempat. Di Grobogan kalau tidak salah. Lho Bu Bupati ini gimana? 'Siap Pak, sudah kita ngandani (beri tahu) tapi angel karena mereka alesannya sudah level turun'. Padahal level turun tidak serta merta kemudian mereka bebas seperti itu,” kata Ganjar.

Kembali naiknya level PPKM suatu daerah, menurut Ganjar, juga dipengaruhi vaksinasi yang belum tinggi. Ganjar pun meminta agar tiap daerah bisa menghabiskan stok vaksin yang diterima dalam sehari.

“Ini Sragen bisa maka yang lain harus bisa. Sehari anda terima, maka hari itu juga habis dan itu ternyata nggak cukup sulit. Karena dia harus memetakan saja titik-titik untuk vaksinnya termasuk vaksinatornya. Ini hanya butuh satu aja, mau. Nanti kalau cepet, aman,” tegasnya.

Kabupaten Brebes menjadi salah satu dari tiga daerah di Jawa-Bali yang masih harus menerapkan PPKM Level 4. Padahal sebelumnya wilayah di Jateng bebas PPKM Level 4.

Ketentuan itu berdasarkan Instruksi Menteri Dalam (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali pada Selasa (14/9/2021).

Rekomendasi