Kutip Omongan Bung Karno soal Kutu Buku, Ucapan Ganjar Pranowo jadi Bahan Keributan di Media Sosial

Tim Editor

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengutip omongan Bung Karno dalam perbincangannya. Setelah itu, ia langsung dikejar pertanyaan oleh netizen karena kutipan tersebut tak pernah ditemukan di buku.

Lantas kutipan seperti apa yang disitir oleh Ganjar? Sederhananya, bunyinya begini, "aku lebih senang pemuda yang merokok dan minum kopi sambil diskusi tentang bangsa ini, daripada pemuda kutu buku yang hanya memikirkan diri sendiri."

Tak lama, pemilik akun yang senang membahas sejarah yakni @mazzini_gsp langsung menimpali pria berambut putih tersebut. Ia mempertanyakan, dari mana kutipan itu berasal.


"Pak @ganjarpranowo boleh tau referensi Bung Karno ngomong lebih suka pemuda ngopi sambil diskusi daripada pemuda kutu buku tuh dari mana ya?" tulis Mazzini.

Mazzini bukannya membantah omongan Ganjar, namun hanya bertanya saja, sebab ia sendiri merasa belum pernah menemukan kutipan tersebut dalam buku sejarah pun biografi yang menyangkut Bung Karno, yang pernah dibacanya.

"Seingatku baca buku Bung Karno, baca pidatonya, dengar rekaman pidatonya, gak pernah dia ngomong atau nulis begini. Mungkin saya yg skip."

Tak lama, seorang akun lalu menimpali Mazzini. Menurutnya, referensi tak selalu harus dari buku. "Referensi tak selalu harus dari buku...bisa saja dari orang yang pernah mendengar Bung Karno berkata demikian menyampaikan ke kawanannya hingga menyebar menjadi inspirasi. Tak semua yang dikatakan orang besar dituangkan di buku," tulis @saoed_ph.

Tak lama, Mazzini lalu membalas kalau sindiran Bung karno tentang kutu buku, sangat bertolak belakang dengan profil presiden pertama Indonesia itu sendiri.

"Oke, tapi bertolak belakang sama kebiasaan Bung Karno sendiri. Kok bisa Bung Karno nyuruh orang nongkrong, ngerokok ngopi lalu sumir ke yg suka baca buku. Padahal dari kecil Bung Karno main aja gak sempat karena sibuk baca. Sampai tua dia bilang kira harus baca buku, dengerin dah," tandas Mazzini yang juga mengunggah rekaman video lawas yang menampilkan ucapan Soekarno.

Tag: soekarno kutu buku ganjar pranowo bung karno

Bagikan: