Kadishub Makassar Berharap Program Swab On The Road Bisa Tumbuhkan Kesadaran Warga untuk Vaksinasi dan Taat Prokes

| 22 Aug 2021 10:05
Kadishub Makassar Berharap Program Swab On The Road Bisa Tumbuhkan Kesadaran Warga untuk Vaksinasi dan Taat Prokes
Program swab on the road Dishub Makassar. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Dinas Perhubungan Kota Makassar mengaku angka positif Covid-19 kian menurun. Itu merujuk angka dari Swab On The Road (SOTR) yang dijalankannya.

Sudah 11 hari berjalan, hasilnya, dari 12 Agustus sampai dengan 22 Agustus 2021, sebanyak 4.741 orang diperiksa dan ditemukan total positif Covid-19 sebanyak 85 orang.

“Mudah-mudahan ini signifikan dengan keadaan yang sesungguhnya secara umum, akan tetapi kita berharap di PPKM level 4 ini kita menurun,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud saat dikonfirmasi, Minggu (22/8/21).

Iman juga menyebut, tingkat positif Covid-19 yang terdeteksi itu semakin berkurang, yang kemarinnya di tingkat 3 persen ke 2 persen dan sekarang di tingkat 1 persen.

Dengan adanya swab on the road ini (SOTR), Iman berharap programnya bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat agar melakukan vaksinasi dan membatasi kegiatan.

“Ini kita berbuat saja dulu karena memang banyak yang harus diperbaiki, belum sempurna termasuk tracing. Untuk angka indeks mobilitas cukup signifikan. Akan tetapi di poin tracing itu masih rendah, sehingga tidak terbaca di https://silacak.kemkes.go.id/dhis-web-commons/security/login.action yang merupakan program nasional”, tambah Iman.

Intinya, Iman enggan terlihat besar sendiri. Ia mengapresiasi semua pihak yang membantunya dalam menjalankan program ini.

“Terkhusus kepada semua stakeholder yang terlibat seperti TNI-POLRI, Dishub Makassar, Satpol PP Makassar, dinas kesehatan ataupun instansi pendukung lainnya diucapkan apresiasi dari Walikota Makassar."

“Untuk itu kita meminta partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kegiatan vaksinasi agar harapan kita semua untuk turun level dari PPKM level 4 ini,” tandasnya.

Rekomendasi