Kunjungi Sentra UMKM Jayengan Solo, Airlangga: Kita Mampir Saja..

Tim Editor

Airlangga Hartarto (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian berkunjung dan meninjau sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kampung Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo, Kamis (23/9/2021).

Namun, kedatangannya ini bukan dalam rangka untuk persiapan Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Sebagai informasi Airlangga yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar ini selama beberapa waktu terakhir aktif bersafari politik ke daerah-daerah. Bahkan bulan Agustus lalu, Airlangga juga berkunjung ke Solo dalam rangka menyalurkan bantuan sembako pada yang terdampak COVID-19.

Namun, dirinya menampik jika hal ini sebagai persiapan untuk pemilihan presiden 2024 mendatang.


”Bukan, ini masih 2021,” ucap Airlangga saat ditanya awak media.

Dirinya menekankan bahwa kedatangannya ke kampung Jayengan tersebut untuk meninjau UMKM yang ada di Kota Solo.

”Kita mampir saja, ini ada kegiatan yang dilakukan masyarakat, namanya kelompok UMKM. Saat ini sudah ada ribuan UMKM yang dibina. Makanya saya lihat di lapangan, anggotanya siapa dan kebutuhannya apa saja,” katanya.

Dari kunjungannya ke daerah dia mendapat kesimpulan banyak UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Penurunan pendapatan bahkan lebih dari 50 persen. Namun dengan situasi saat ini yang suah cukup terkendali pihaknya berupaya untuk membangkitkan UMKM.

”Pemerintah ini sudah punya KUR (kredit usaha rakyat), supermikro. Ada yang sampai Rp500 juta, ada yang di bawah Rp100 juta dan tanpa agunan dengan bunga 3  persen. Sisanya dibantu pemerintah,” katanya.

Tag: airlangga hartarto kemenko perekonomian Menko Airlangga Hartarto

Bagikan: