Di Semarang, Pensiunan Polisi Ikutan Jadi Manusia Silver, Terbongkar Usai Ditangkap Satpol

Tim Editor

Utusan Kapolda Jateng menemui pensiunan polisi, Aipda (purn) Agus Dartono (61) di rumahnya. Agus terpaksa menjadi "manusia silver" untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

ERA.id - Ada yang unik dari kisah manusia silver yang dari kemarin hingga kini heboh. Selain anak bayi yang dicat abu-abu mengkilat, ternyata ada manusia silver yang bikin heboh di Semarang.

Kehebohan itu dipicu karena setelah ditelusuri, si manusia silver merupakan pensiunan polisi. Kok bisa ya dia turun cari rezeki sampai ke jalanan?

Nama pria tersebut adalah Agus Dartono. Dia sempat ditangkap Satpol PP Semarang, Jawa Tengah, dan videonya viral.


"Enggak punya uang, cari uang terus dapet Rp20 ribu malah kepegang Satpol PP ternyata saya bilang bekas anggota polisi," kata Agus.

Menurut Agus, ia terpaksa jadi manusia silver karena melihat pekerjaan tersebut sangat mudah dilakukan dan uang yang didapat menjanjikan.

Lantas bagaimana kronologinya sampai Agus ditangkap? Cerita awalnya, Minggu (26/9/2021) kemarin, satpol melakukan razia.
Manusia silver ditarget. Apes, Agus pun ditangkap. Saat diperiksa, Agus mengaku pensiunan Polri.

Usai dikroscek satpol ke polisi, Polrestabes Semarang langsung turun tangan mendatangi rumah Agus.

Hasilnya benar, Agus memang pensiunan polisi. Itu diakui Wakpolrestabes Semarang, I.G.A. Dwi Perbawa Nugraha.

"Jadi beliau mengakui bahwa beliau pantang untuk menyampaikan apa yang dirasa kekurangan beliau selama ini, beliau ingin tanggung sendiri," kata Nugraha, Minggu (26/9).

Nugraha mengatakan Agus sudah meminta maaf atas tindakannya. Agus juga sama sekali tidak bermaksud untuk merendahkan martabat Polri.

Sementara Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombespol Iqbal Alqudusy mengaku kalau Agus sudah diperhatikan pimpinannya. "Sudah mendapat perhatian dari kapolda."

Menurut dia, kapolda telah mengirimkan bantuan sejumlah uang dan bahan kebutuhan pokok ke rumah purnawirawan polisi tersebut melalui stafnya.

Ia menuturkan purnawirawan yang pernah bertugas sebagai polisi lalu lintas itu terpaksa mencari nafkah dengan manjadi "manusia silver" tersebut akibat kebutuhan ekonomi.

"Yang bersangkutan mengaku malu kalau meminta tolong kerabat atau rekan kerjanya," tambahnya.

Bantuan, lanjut dia, juga mengalir dari Polrestabes Semarang untuk Agus Dartono.

Menurut Iqbal, Agus dijadwalkan bertemu dangan Kapolrestabes Semarang untuk menerima bantuan serta tawaran pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebelumnya, aksi pensiunan polisi itu saat menjadi manusia silver terungkap ketika razia yang digelar Satpol PP Kota Semarang beberapa waktu lalu.

Tag: manusia silver semarang Jawa Tengah pensiunan polisi

Bagikan: