Pemkot Solo Kini Punya 4 Mobil Listrik Klasik Baru, Gibran: Untuk Wisata Keliling Kota

| 28 Sep 2021 12:47
Pemkot Solo Kini Punya 4 Mobil Listrik Klasik Baru, Gibran: Untuk Wisata Keliling Kota
Mobil Listrik (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyediakan empat mobil listrik untuk mendukung pariwisata di kota Solo. Mobil listrik ini merupakan sumbangan dari Tahir Foundation yang tiba di Balai Kota Solo, Senin (27/9).

”Iya, mobil listrik untuk keliling-keliling Kota Solo dari Mayapada. Saat ini Dinas Perhubungan sedang menyiapkan rutenya,” kata Gibran pada Selasa (28/9/2021).

Rencananya mobil listrik ini akan digunakan sebagai kendaraan wisata. Selain ramah lingkungan, mobil listrik yang ukurannya tidak besar ini dimaksudkan bisa masuk gang-gang sempit di kampung Batik Kauman dan Laweyan.

”Biar bisa masuk ke Kauman dan Laweyan,” kata Gibran.

Namun saat ini Gibran belum menginstruksikannya, sebab Pemkot Solo masih memproses izinnya terlebih dahulu. Selain itu masih ada empat mobil lagi yang akan datang dalam waktu dekat.

”Belum serah terima, nunggu dulu. Masih diurus ke Satlantas,” katanya.

Saat ini sudah ada empat unit mobil listrik berwarna merah dan putih. Mobil dengan tampilan klasik ini merupakan mobil listrik sumbangan dari Tahir Foundation. Empat unit mobil ini sementara masih berada di area parkir Balai Kota Solo.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Hari Prihatno mengatakan pihaknya akan berkoordinasi  dengan Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) terkait operasional mobil listrik ini. Pihaknya sudah menyiapkan rute untuk mobil wisata ini.

”Paling nanti pakai rute-rute pendek, rutenya sudah ada. Kemungkinan bulan Oktober kita operasikan,” katanya.

Rekomendasi