COVID-19 Jateng Tertinggi, Ganjar: Yang Penting Datanya Jujur

| 29 Sep 2021 10:29
COVID-19 Jateng Tertinggi, Ganjar: Yang Penting Datanya Jujur
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau seluruh pihak terus melakukan pengamatan terhadap penyebaran COVID-19 terhadap anak di Jawa Tengah. Ganjar juga mengingatkan agar selalu jujur dalam menyampaikan data.

Pernyataan ini disampaikan Ganjar menanggapi data bahwa Jawa Tengah jadi salah satu provinsi di Indonesia dengan kasus anak terkonfirmasi Covid-19 terbanyak.

"Surveilannya enggak boleh berhenti. Nggak usah takut tertinggi atau terendah yang penting surveilannya dilakukan dengan ketat," ucap Ganjar ditemui di kantornya, Semarang, Selasa (28/9).

Menurutnya, jika surveilans tetap dilakukan dengan baik maka kondisi riilnya dapat diketahui lebih cepat. Hal itu akan berpengaruh pada ketepatan dan kecepatan upaya penanganan dan antisipasi juga bisa segera diambil.

"Kalau itu bisa dilakukan maka menurut saya kita akan bisa tahu kondisi riil yang ada di sini, dan itu menjadi warning buat kita agar kita tahu, agar kita bisa memberikan treatment yang baik," katanya.

Ganjar menegaskan, soal data juga harus diinformasikan kepada masyarakat secara jujur.

"Yang penting jangan sampai ada data yang disembunyikan. Mau tertinggi mau terendah datanya harus riil dan berintegritas," tegas Ganjar.

Hal ini menurut Ganjar juga sejalan dengan penerapan persyaratan yang harus dipenuhi sekolah di Jawa Tengah sebelum melaksanakan PTM. Dengan begitu, keamanan dan kesehatan siswa, guru, maupun orangtua dapat terjamin.

Berdasarkan studi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terdapat 10 daerah di Indonesia dengan kasus anak terkonfirmasi Covid-19 terbanyak, yakni Jawa Barat, Riau, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, DIY, dan Papua.

Rekomendasi