Agar COVID-19 Semakin Melandai, Ganjar Ingatkan Pengelola Wisata Perketat Prokes: Jangan Sampai Kendor

| 04 May 2022 21:05
Agar COVID-19 Semakin Melandai, Ganjar Ingatkan Pengelola Wisata Perketat Prokes: Jangan Sampai Kendor
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan para pengelola wisata agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama libur Lebaran 2022.

Ganjar mengatakan, hal ini penting dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di tengah pandemi yang mulai melandai.

"Gimana, sudah mulai ramai? Disiapkan dengan baik ya, protokol kesehatan juga dijaga, jangan sampai kendor," kata Ganjar dalam keterangan resminya yang diterima Rabu (4/5/2022)

Ganjar juga meminta pengelola objek wisata terutama yang bergerak di wisata alam agar menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan. Dia menyebut wisata alam yang tersebar di Jateng saat ini memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan.

"Potensi wisatanya luar biasa, dulu wisata hanya Grojogan Sewu, camping, Balekambang, sekarang sudah di mana-mana. Tapi memang indah sekali tempatnya, berbukit-bukit. Lereng Lawu memang menarik," kata Ganjar.

Sekretaris Komisi B DPRD Jateng Muhammad Ngainirrichadl yang meminta para pengelola wisata juga bersiap menyambut kedatangan pemudik dengan tetap menerapkan prokes ketat.

"Sejumlah objek wisata di Jateng diperkirakan bakal dipadati pengunjung saat libur lebaran usai dicabutnya larangan mudik karena pandemi Covid-19 dua tahun terakhir," katanya.

Menurutnya, perkiraan tingginya kunjungan wisata tersebut perlu diantisipasi pemerintah daerah setempat, apalagi Jateng menjadi tujuan mudik.

Dia meminta Pemprov Jateng segera berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata untuk menyambut pemudik.

"Termasuk bagaimana skenario lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalan menuju tempat wisata," ucapnya.

Rekomendasi