Vaksinasi Covid-19 Lewat Door to Door Dianggap Efektif, Sebanyak 1,2 Warga Kota Tangerang Telah Divaksin

| 29 Sep 2021 21:15
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin ke warga Karang Anyar. (Muhammad Iqbal/ ERA.id)

ERA.id - Sebanyak 1.200.576 jiwa masyarakat Kota Tangerang telah divaksinasi Covid-19. Jumlah itu setara dengan 81,2 persen dari target Pemkot Tangerang yakni 1,4 juta masyarakat yang divaksin.

Berbagai alasan diutarakan masyarakat yang belum mendapatkan dosis vaksin. Mulai dari tak tahunya lokasi hingga masih tak percaya dengan vaksin.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemkot) melancarkan program vaksinasi Covid-19 secara door to door. Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan blusukan ke rumah warga sehingga capaian vaksin lebih tepat sasaran.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Angraeni mengatakan program ini sebenarnya telah dilakukan sejak dua pekan lalu. Cara ini dinilai efektif, pasalnya petugas menyisir secara lebih tepat sasaran. Terlebih, cara ini juga dapat menjangkau mereka yang kesulitan datang langsung ke gerai vaksinasi.

"Vaksinasi door to door juga ditujukan untuk menjangkau mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari informasi. Pastinya, melalui sistem door to door ini, Pemkot Tangerang ingin memberikan hak warga negara atau hak masyarakat untuk mendapat vaksin secara mudah dan cepat," ungkap Dini, Rabu (29/9/21).

Kata Dini, jenis vaksin yang digunakan dalam sistem door to door adalah sinovac. Dia mengungkapkan gerai vaksinasi di tingkat RW hingga saat ini masih terus berlangsung. Hingga Rabu (29/09/2021) capaian vaksinasi sudah 1.200.576 jiwa.

"Atau 81,2 persen pada dosis satu dan 679.205 jiwa atau 679.205 jiwa atau 45,9 persen pada dosis dua," jelasnya.

Salah satu wilayah yang menggelar vaksinasi door to door yakni Keluarahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari. Lurah Karang Anyar Andia Suherlandia, menuturkan ini menjadi hari ketiga pihaknya menggelar vaksinasi door to door. Menyisir rumah ke rumah, warga mana yang belum mengikuti vaksinasi.

"Luar biasa, memang cara ini lebih melelahkan tapi secara capaian cukup efektif. Mereka yang terkena hoaks dengan cara ini bisa kita lakukan pendekatan dan penjelasan. Tiga hari menggelar vaksinasi door to door Kelurahan Karang Anyar bersama Puskesmas Neglasari sudah bisa menjaring 400 warga untuk mengikuti vaksinasi," kata Andia.

Ia pun memastikan, cara ini akan terus ia gencarkan hingga capaian vaksinasi di wilayahnya tercapai hingga 100 persen. Andia menargetkan sebanyak 10.500 warga tervaksin.

"Hingga saat ini sudah 8.200 sisanya sekitar 2 ribuan warga akan kita sisir terus dengan sistem vaksinasi door to door seperti ini. Semoga bisa segera terselesaikan, semua tervaksinasi dan semua sehat," pungkasnya.

Rekomendasi