Tujuh Kepala Dinas di Solo Kosong, Gibran: Lelang Jabatan Pakai Pansel Biar Seru!

| 05 Oct 2021 06:53
Tujuh Kepala Dinas di Solo Kosong, Gibran: Lelang Jabatan Pakai Pansel Biar Seru!
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Saat ini banyak jabatan kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo banyak yang kosong. Untuk mengisi jabatan ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menunggu hingga akhir tahun untuk pengisian jabatannya.

”Saat ini sudah ada Plt (Pelaksana tugas), tinggal kita isi akhir tahun,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (4/10/2021).

Untuk pengisian jabatan ini, Pemkot Solo akan menggunakan sistem lelang jabatan. Sehingga seleksi ini akan dibuka dengan mengisi kekosongan jabatan dengan kepala dinas yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan zaman.

”Lelang jabatan, pakai pansel (panitia seleksi), biar seru,” ucapnya.

Salah satu poin yang menjadi fokus Pemkot Solo saat ini adalah pemulihan ekonomi. Lagi pula saat ini ada sistem susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) baru yang merupakan ketentuan dari pemerintah pusat.

”Jadi ada (dinas) yang dipecah dan ada yang digabung. Makanya tunggu akhir tahun (penetapan aturan),” katanya.

Terkait pengisian jabatan ini, Gibran mengatakan bahwa pihaknya terbuka jika ada aparatur sipil negara (ASN) dari luar yang berpartisipasi mengikuti seleksi. Namun tidak menutup kemungkinan mengutamakan ASN yang saat ini ada di Pemkot Solo.

”Kalau seleksinya terbuka ya terbuka. Monggo silahkan, yang penting capable dan siap mengabdi untuk kota Solo,” katanya.

Rekomendasi